Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Belum Pede Investasi Saham, Mulai Saja Dulu dari Reksa Dana Saham

Bisnis | Friday, 12 Nov 2021, 11:29 WIB

Kemudahan dan keterjangkauan investasi saham memikat kalangan milenial. Mereka berbondong-bondong masuk saham. Namun di luar mereka, masih banyak milenial yang belum menikmati saham.

Bisa jadi mereka ini memang belum tertarik atau belum pede masuk saham. Begitulah, saham yang lagi booming belum tentu cocok untuk semua orang.

Kalau pun ada yang tertarik investasi saham, tidak sedikit yang belum berani terjun langsung karena berbagai pertimbangan. Tidak sedikit yang masih gamang karena potensi kerugian yang tidak kecil. Investasi saham yang memberikan potensi keuntungan besar, pada saat yang sama juga memberikan potensi risiko kerugian.

Selain itu, tidak sedikit milenial yang masih bingung dengan investasi saham dan merasa tidak memiliki ilmu yang cukup untuk memulainya. Dalam pandangan mereka ini investasi saham rumit karena terkait dengan angka-angka, sehingga tidak sedikit yang merasa butuh ilmu khusus.

Nah, buat milenial yang belum berani terjun langsung ke investasi saham tidak perlu khawatir. Milenial bisa lebih dulu memulainya dengan reksa dana saham (equity fund).

Reksa dana saham adalah reksa dana yang 80% dari dana investor diinvestasikan ke saham dan sisanya ditempatkan di instrumen pasar uang maupun obligasi. Reksa dana saham ini cocok untuk investor berminat investasi saham tapi masih belum pede atau takut-takut.

Berpatokan pada prinsip high risk high return, reksa dana saham mempunyai risiko yang paling tinggi dibandingkan dengan reksa dana lainnya seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran, tetapi mempunyai tingkat potensi keuntungan yang paling tinggi dibandingkan dengan yang lain itu.

Reksa dana saham bisa menjadi jembatan bagi investor yang tertarik masuk saham, tapi masih belum pede dan takut-takut ini. Justru dengan memilih reksa dana saham terlebih dahulu, investor memiliki kesempatan untuk mempelajari karakter sahamnya, tetapi nggak terlalu pusing dalam praktiknya karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang mengelola reksa dananya.

Milenial tinggal duduk manis dan mempercayakan transaksinya pada manajer investasi. Dari sisi tingkat risiko kerugian, reksa dana saham potensi kerugiannya lebih kecil dibandingkan investasi langsung pada sahamnya.

Dalam praktiknya, investasi reksa dana saham juga sudah sangat mudah karena saat ini sudah bisa dinikmati secara online dengan mudah, semisal di supermarket reksa dana online IPOTFund yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas.

Dalam memilih reksa dana saham yang jumlahnya tidak sedikit juga sudah sangat terbantu karena di aplikasi IPOT ini ada fitur yang memudah investor memilih reksa dana saham yang terbaik.

Fitur yang dimaksud adalah IPOTFund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Analisis Performa yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

Investasi reksa dana saham pun mudah dan nyaman cocok buat milenial yang belum pede atau berani terjun langsung ke investasi saham.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image