Jangan Hanya Rebahan, Begini Cara Mengelola Waktu yang Benar
Gaya Hidup | 2022-07-11 22:16:18Oleh: Sugiati
Ada pepatah mengatakan, waktu adalah pedang. Saat kita tidak bisa menggunakannya dengan baik dan tepat, kita akan terbunuh olehnya. Beberapa dari kita tidak bisa memungkiri bahwa semua orang punya waktu, tinggal bagaimana mengelola, dan membaginya. Tidak ada yang lebih penting dari kepiawaian seseorang dalam mengelola waktu. Bayangkan, saat kita diundang dua orang diwaktu bersamaan, mana yang akan kalian prioritaskan. Nah, disini kita bisa belajar menganalisis lebih dalam. Hmmm, ribet ya menggunakan waktu perlu analisis mendalam? Tentu, kita dapat membandingkan, lebih penting mana posisi kita di dua undangan tersebut. Misalnya, lebih penting undangan ulangan tahun kawan karena kita jadi MC, dibandingkan undangan kawan jauh, kita hanya menjadi tamu undangan. Meskipun yang mengundang lebih dulu kawan jauh, tapi posisi kita lebih urgent menjadi MC di undangan ulang tahun kawan. Ini bukan tentang siapa yang mengundang lebih dulu, tapi tentang seberapa penting peran kita dalam acara tersebut.
Bicara tentang waktu, tak jarang dari kita sering menghabiskannya untuk hal-hal yang tidak perlu, tapi kita tidak sadar akan hal itu. Apa ya? Rebahan. Ya, rebahan memang kebutuhan setiap orang, seringkali saat kita lelah beraktivitas seharian, kita perlu merebahkan diri sebentar. Tapi, perlu digaris bawahi, hanya sebentar ya!. Lantas bagaimana mereka yang menjadikan rebahan adalah suatu kebiasaan, dan kegiatan membuang-buang waktu. Apa sih solusinya?
Oke, kita akan bahas beberapa tips untuk mengurangi kebiasaan rebahan kita.
1. Tentukan hal-hal penting yang harus kamu kerjakan
Menentukan hal-hal penting merupakan langkah mudah untuk membangun mindset "kamu harus bangun dari rebahan itu" karena ada hal-hal penting yang harus kamu kerjakan.
2. Cari kegiatan produktif dan kamu senangi
Kegiatan yang produktif tentu sangat beragam, memilihnya juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka browser memilih google lalu ketik kegiatan produktif, maka disana ada puluhan kegiatan produktif yang google tawarkan. Namun, apa kegiatan itu kamu senangi? Kuncinya adalah kegiatan itu kamu senangi, maka untuk bangun dari kebiasaan rebahan, kamu perlu melakukan kegiatan produktif yang kamu senangi. Ya, karena selain produktif kamu juga harus menikmatinya.
3. Menentukan deadline
Batasan waktu, bisa menjadi patokan kamu untuk menargetkan kapan pekerjaanmu haru selesai. Dengan begitu kamu akan bersemangat dalam mengerjakannya. Misalnya saja, kamu punya tugas dari Dosenmu, deadline hari Senin, sedangkan hari ini hari Sabtu. Kamu akan berpikir "wah lusa deadlinnya", dengan mengingat itu, kamu akan menambah kekuatan mengerjakanmu, menambah semangatmu dalam menyelesaikan pekerjaanmu.
4. Bekerja dengan efisien
Seringkali saat kamu semangat bekerja, kamu akan melulu melakukan pekerjaan itu tanpa berhenti. Namun, hal itu bukan hal yang benar, bebrapa orang mengira bekerja keras tanpa istirahat akan menjadikan pekerjaanmu cepat selesai, namun itu akan membuat tubuhmu kelelahan. Sebaiknya istirahat sebentar, tapi jangan berhenti, lalu lanjutkan lagi.
Itu adalah empat tips menjadikan waktu kita lebih produktif. Bagaimana mudah, kan?
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.