Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kampus Swasta Vs Kampus Negeri

Eduaksi | Thursday, 11 Nov 2021, 15:36 WIB

Banyak orang yang sulit dalam menentukan tempat kuliah, mulai dari jurusan apa yang mau diambil, lokasi kampus, akreditasi kampus, sampai biaya pendidikannya. Hal ini merupakan hal yang wajar karena poin-poin tersebut merupakan aspek penting yang mempengaruhi kehidupan selama perkuliahan.

Masyarakat Indonesia kebanyakan masih berpandangan bahwa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) lebih baik daripada PTS (Perguruan TInggi Swasta). Lalu ditambah biaya kuliah di PTS lebih mahal ketimbang biaya kuliah di PTN. Hal inilah yang membuat memilih PTS atau PTN menjadi suatu momok menakutkan bagi para siswa SMA/SMK.

Jangan ambil pusing tidak selamanya PTS itu golongan kelas 2, kalau masih tidak percaya mari simak penjelasan singkat tentang perbedaan PTS dan PTN :

1. Pengelola Perguruan Tinggi

Perbedaan PTS dengan PTN yang paling mendasar adalah PTS dimiliki dan dikelola yayasan sedangkan PTN dimiliki dan dikelola pemerintah. Lalu apakah hal ini membuat kualitas PTN lebih baik ketimbang PTS, ternyata tidak menurut QS Asia University Rankings 2021, 5 dari 20 besar kampus terbaik di Indonesia adalah PTS. Kelima perguruan tinggi tersebut adalah: Binus University, Telkom University, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia.

2. Rincian Biaya

PTN menentukan biaya UKT masih berdasarkan pengelompokan golongan yang telah ditentukan kementerian. Sedangkan UKT di PTS bisa dilihat sebelum mendaftar di website atau brosur kampus dengan rincian tersebut calon mahasiswa akan tahu berapa biaya dan untuk apa biaya tersebut digunakan.

3. Persaingan Masuk Perguruan Tinggi

Kebanyakan PTS akan selalu terbuka pendaftaran untuk mahasiswa, bila dibandingkan dengan waktu pendaftaran PTN yang hanya ada disaat-saat tertentu. Ditambah proses pendaftaran PTS tidak sesulit PTN yang membutuhkan tenaga yang ekstra untuk memenuhi persyaratan dan kualifikasi untuk mendaftar.

4. Fasilitas Perguruan Tinggi

Fasilitas yang ada di PTN sudah terbilang lengkap, namun bukan berarti PTS tidak memiliki fasilitas yang cukup untuk mendukung aktivitas mahasiswa. Seperti di Institut Daarul Qur’an walaupun masih terbilang baru namun fasilitas sudah lengkap, mulai dari wifi, AC, mushola, perpustakaan, asrama, sampai ruang terbuka untuk belajar sudah ada di dalamnya.

5. Waktu Perkuliahan

Tidak seperti PTN waktu kuliah di PTS terhitung fleksibel, banyak PTS yang menyediakan kelas karyawan untuk mahasiswa yang sambil bekerja. Waktu perkuliahan bisa diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu jam kerja mahasiswa. Sangat cocok untuk mahasiswa yang sudah bekerja dan ingin meneruskan studi keilmuannya di perguruan tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image