Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Apa itu Google Workspace for Education? Berikut Pengertian dan Manfaat Google for Education

Eduaksi | Monday, 11 Jul 2022, 09:26 WIB

Google Workspace adalah alat kolaboratif berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengedit banyak jenis file, berbagi kalender, email, dan banyak lagi.

Ini adalah salah satu cara termudah untuk terhubung, berkreasi, dan berkolaborasi, baik Anda di kantor atau sekolah. 

Ada banyak fitur luar biasa dari Google Workspace yang menjadikannya program online terbaik di pasar.

Apa pun fitur yang Anda butuhkan, Google Workspace menawarkannya!

Beberapa fitur utama yang disertakan dalam Google for education adalah penyimpanan cloud, berbagi file, Google Classroom, dan banyak lagi. Ini semua bermanfaat bagi siswa dan guru! 

Manfaat Utama Google Workspace

Ada banyak fitur hebat di Google Workspace yang menjadikannya pilihan tepat bagi pendidik. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang berasal dari setiap fitur yang disertakan dalam Google Workspace untuk pendidikan. 

Melindungi Terhadap Ancaman Data

Salah satu manfaat utama dari ruang kerja Google adalah akan menjaga keamanan data Anda. Layanan berbasis cloud ini melindungi dari banyak ancaman data, mulai dari kebocoran data hingga kehilangan data. Di saat keamanan cloud sangat penting, Anda memerlukan organisasi yang dapat dipercaya untuk melindungi informasi Anda.

Data yang disimpan di Google Drive dienkripsi, yang melindunginya dari ancaman luar. Pengguna juga dapat memilih siapa yang memiliki akses ke file mereka. Ini berarti Anda dapat melindungi file Anda dari orang-orang yang tidak memiliki akses pemirsa, pemberi komentar, atau editor yang diberikan kepada mereka. Masing-masing manfaat ini akan menjaga keamanan informasi Anda dan akan membantu Anda mengetahui siapa yang memiliki akses ke file Anda.

Mudah Berkolaborasi dan Berbagi

Sejauh ini, manfaat terbesar Google Workspace adalah betapa mudahnya berkolaborasi dan berbagi berbagai jenis file. Terutama dalam organisasi pendidikan, sangat penting untuk berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif. Menggunakan kemampuan kolaborasi di Google Workspace untuk berbagi pekerjaan, berbagi kalender, dan lainnya akan membantu meningkatkan organisasi dan produktivitas institusi Anda. 

Ini juga merupakan manfaat besar untuk proyek kelompok yang tidak dapat Anda lakukan secara langsung. Memiliki cara mudah untuk mengerjakan file secara bersamaan, sambil menampilkan hasil edit realtime, akan membantu Anda atau siswa Anda bekerja sama dengan mudah. 

Manfaat lain dari Google Workspace adalah Anda tidak perlu lagi khawatir tentang menyimpan pekerjaan Anda atau mengetahui siapa yang memiliki akses ke informasi Anda. Anda dapat memberi pengguna kemampuan untuk melihat, berkomentar, mengedit, dan lainnya. Ini akan melindungi data Anda dan dengan fitur penyimpanan otomatis, proyek Anda berada di tangan yang aman!

Manfaat terakhir yang berasal dari Google Workspace adalah Anda dapat menyinkronkan dan membagikan kalender Google Anda. Ini akan mempermudah siswa dan guru di distrik sekolah Anda untuk menjadwalkan pertemuan, kelas online, dan juga menawarkan cara yang lebih efisien untuk mengundang orang ke acara. 

Opsi Penyimpanan

Salah satu manfaat terbesar menggunakan Google Workspace adalah Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Meskipun sebagian besar pengguna hanya diberi ruang penyimpanan 15 GB, Anda dapat meningkatkan paket untuk menemukan opsi penyimpanan yang paling sesuai untuk Anda!

Manfaat lain yang berasal dari penyimpanan awan Google Workspace adalah Anda akan menghemat ruang di komputer Anda! Daripada menyimpan semua file Anda di hard drive komputer Anda, Anda dapat menyimpannya di cloud. Ini akan membuat komputer Anda berjalan lebih cepat lebih lama!

Anda memiliki opsi penyimpanan tak terbatas untuk file Anda saat menggunakan Google Drive dan penyimpanan cloud. Ini memudahkan berbagi file dengan aman, mencegah ancaman data, dan mengelola pengguna yang memiliki akses ke data Anda.

Manfaat lain dari penyimpanan cloud adalah Anda dapat mengatur file berdasarkan proyek dan tim. Menyimpan file dalam folder khusus tim memungkinkan Anda menemukan dokumen penting dengan mudah dan membuat setiap rekan tim Anda selalu mendapatkan informasi terbaru tentang proyek kolaboratif Anda.

Mudah Dipelajari dan Diimplementasikan

Google Workspace adalah program yang mudah dipelajari dan diintegrasikan ke dalam organisasi Anda! Google bahkan menyediakan sumber daya pelatihan untuk membantu pengguna baru mempelajari dasar-dasar program. 

Gratis Untuk Institusi Pendidikan Berkualitas

Kualitas luar biasa lainnya dari Google Workspace adalah gratis untuk guru dan siswa di lembaga pendidikan yang memenuhi syarat. Namun, ini hanya mencakup fitur dasar. Anda dapat meningkatkan ke langganan berbayar lain yang menawarkan lebih banyak fitur yang ingin Anda gunakan di kelas Anda!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image