Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Pengertian SEO dan Manfaatnya

Teknologi | Saturday, 09 Jul 2022, 09:47 WIB
Pengertian SEO menurut Pakar

Saat mencari informasi menggunakan Google, biasanya hasil yang ditampilkan sangat relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Tapi, apakah kamu pernah berpikir bagaimana mungkin suatu mesin pencari, bisa menampilkan hasil yang relevan dan sesuai dengan kata kunci?

Jika menanyakan hal demikian, mungkin sudah waktunya kamu memahami SEO melalui uraian yang ada di sini.

Jadi, secara umum SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. menurut marsuki di Indonesia SEO itu sendiri bagian dari internet marketing, juga bisa diartikan sebagai cara bagi setiap pemilik website agar bisa menyesuaikan konten di dalam websitenya dengan algoritma yang sudah ada dalam mesin pencari.

Fungsinya, tentu agar konten yang dibuat, bisa mendapatkan peringkat teratas dalam suatu kata kunci. Contoh saja, saat kamu mengetikkan keyword ‘laptop terbaik’, maka SEO yang diterapkan dalam kontenmu akan memainkan peran.

Website yang kamu miliki, nantinya akan ada di peringkat teratas dalam mesin pencari. Dengan bantuan dari SEO, konten yang kamu miliki, secara otomatis akan dipilih oleh banyak orang.

Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap traffic atau total pengunjung yang datang ke website yang kamu miliki. Dengan begitu, jika kamu memang berfokus untuk menjadikannya ladang penghasilan, uang yang bisa didapatkan dari sana bisa lebih besar.

Itu jika kamu memanfaatkan website atau blog tertentu untuk mendapatkan penghasilan. Tapi kalau website untuk mendapatkan pembeli, kamu bisa mendapatkan audiens yang potensial untuk menjadi pelanggan.

Jadi, bisa dikatakan kalau SEO akan sangat penting dan bisa memberikan manfaat bagi website atau blog yang kamu miliki.

SEO juga bisa didefinisikan sebagai usaha dalam mengoptimasi website agar nantinya, website yang kamu miliki bisa mendapatkan peringkat paling baik dibandingkan dengan website lainnya.

Nantinya, peringkat tersebut akan ditentukan oleh algoritma yang memang sudah ada dalam Google. Dengan praktik SEO yang tepat dan sesuai, maka website kamu akan dipandang sangat baik oleh algoritma Google.

1.2 Manfaat Menerapkan Strategi SEO

Penggunaan SEO yang tepat, akan membuatmu bisa mendapatkan sejumlah manfaat utamanya. Adapun manfaat dari penggunaan SEO yang bisa kamu dapatkan yakni:

● Mendatangkan traffic yang potensial.

● Target lebih jelas.

● Meningkatkan brand awareness.

● Bisa promosi 24 jam.

● Bisa bersaing dengan website-website besar.

● Bisa meningkatkan penjualan.

● Merupakan investasi jangka panjang.

Jika ingin menerapkan strategi SEO yang tepat, kamu masih perlu belajar lebih lanjut mengenainya. Tanpa pemahaman yang detail, jam terbang yang panjang, dan pengalaman untuk mencoba sendiri menerapkan strateginya, kamu tidak akan bisa membuat penerapan strategi SEO yang tepat.

2.1 Perbedaan WordPress dan Blogspot

Saat akan membuat website, ada dua platform yang bisa kamu pilih: WordPress dan Blogspot. Masing-masing platform, punya ciri khasnya tersendiri. Terkadang, ada cukup banyak orang yang membandingkan mana yang lebih bagus antara WordPress atau Blogspot.

Perdebatan antara mana yang lebih baik, tentu kurang tepat dilakukan. Pasalnya, masing-masing platform di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. K

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image