Praktik Kuliah Lapangan Karimunjawa-Dieng Prodi Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata Unair

Image
M Husein Ismail
Edukasi | Friday, 08 Jul 2022, 21:13 WIB
Kelompok PKL Karimunjawa-Dieng

Mahasiswa Prodi Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan pada Minggu malam hingga Jum'at pagi (3-8 Juli 2022). Dalam kegiatan ini, mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 bersama melaksanakan kegiatan PKL. Kemudian, untuk angkatan 2021 ini merupakan pertama kalinya mereka melaksanakan PKL dan menjadi panitia PKL.

"Walaupun kegiatan PKL kemarin belum well prepare dan juga banyak problem dengan susunan kegiatan yang berubah karna permintaan dosen, tapi puji tuhan kegiatan PKL dapat berjalan dengan baik", ujar Dionisius Nicolas sebagai ketua panitia PKL.

Foto bersama Angkatan 2020 Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata

Dalam kegiatan ini, mahasiswa pariwisata angkatan 2021 ditunjuk sebagai panitia pkl. PKL Tahun 2022 dilaksanakan selama 5 hari 4 malam di Karimunjawa dan Dieng. Mahasiswa 2021 ditugaskan untuk membuat laporan dan project video di beberapa mata kuliah di setiap objek wisata yang dikunjungi. Objek wisata yang dikunjungi antara lain Bukit Love, Menjangan Kecil Island, Tanjung Gelam Beach, Batu Angkruk Dieng, Kompleks Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Di setiap objek wisata yang dikunjungi, mahasiswa mengobservasi detailnya melalui Tourism Attraction Form sebagai laporan dari mata kuliah Kepemanduan. Mahasiswa angkatan 2020 juga mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan petinggi desa Karimunjawa dan desa Kemujan mengenai peraturan dan kebijakan desa tentang pariwisata serta lingkungan dalam mata kuliah Hukum dan Kebijakan. Tidak heran, prodi pariwisata selalu menjadi minat mahasiswa karena proses belajar-mengajar tidak hanya di kelas saja. Namun, juga sambil jalan-jalan. Sebagai mahasiswa pariwisata kita dituntut untuk terus fokus dalam setiap laporan dan project dan tidak hanya memikirkan jalan-jalan saja. Kegiatan praktik kuliah lapangan ini berguna untuk membekali kemampuan mahasiswa mengenai bidang pariwisata, khususnya terkait dengan peningkatan D3 ke Sarjana Terapan.

Penulis : Muhammad Husein Ismail

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image