Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Husein Ismail

Praktik Kuliah Lapangan Karimunjawa-Dieng Prodi Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata Unair

Edukasi | Friday, 08 Jul 2022, 21:13 WIB
Kelompok PKL Karimunjawa-Dieng

Mahasiswa Prodi Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan pada Minggu malam hingga Jum'at pagi (3-8 Juli 2022). Dalam kegiatan ini, mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 bersama melaksanakan kegiatan PKL. Kemudian, untuk angkatan 2021 ini merupakan pertama kalinya mereka melaksanakan PKL dan menjadi panitia PKL.

"Walaupun kegiatan PKL kemarin belum well prepare dan juga banyak problem dengan susunan kegiatan yang berubah karna permintaan dosen, tapi puji tuhan kegiatan PKL dapat berjalan dengan baik", ujar Dionisius Nicolas sebagai ketua panitia PKL.

Foto bersama Angkatan 2020 Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata

Dalam kegiatan ini, mahasiswa pariwisata angkatan 2021 ditunjuk sebagai panitia pkl. PKL Tahun 2022 dilaksanakan selama 5 hari 4 malam di Karimunjawa dan Dieng. Mahasiswa 2021 ditugaskan untuk membuat laporan dan project video di beberapa mata kuliah di setiap objek wisata yang dikunjungi. Objek wisata yang dikunjungi antara lain Bukit Love, Menjangan Kecil Island, Tanjung Gelam Beach, Batu Angkruk Dieng, Kompleks Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Di setiap objek wisata yang dikunjungi, mahasiswa mengobservasi detailnya melalui Tourism Attraction Form sebagai laporan dari mata kuliah Kepemanduan. Mahasiswa angkatan 2020 juga mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan petinggi desa Karimunjawa dan desa Kemujan mengenai peraturan dan kebijakan desa tentang pariwisata serta lingkungan dalam mata kuliah Hukum dan Kebijakan. Tidak heran, prodi pariwisata selalu menjadi minat mahasiswa karena proses belajar-mengajar tidak hanya di kelas saja. Namun, juga sambil jalan-jalan. Sebagai mahasiswa pariwisata kita dituntut untuk terus fokus dalam setiap laporan dan project dan tidak hanya memikirkan jalan-jalan saja. Kegiatan praktik kuliah lapangan ini berguna untuk membekali kemampuan mahasiswa mengenai bidang pariwisata, khususnya terkait dengan peningkatan D3 ke Sarjana Terapan.

Penulis : Muhammad Husein Ismail

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image