Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Denis Cahyo

Apa itu APK, xAPK, dan OBB? Ini Penjelasan dan Cara Install nya

Teknologi | Tuesday, 09 Nov 2021, 14:06 WIB

Apakah Anda bingung dengan kata-kata seperti APK, OBB, atau dengan metode instalasi di perangkat android Anda? Jika ya, maka postingan ini akan menghapus semua keraguan Anda karena berisi semua informasi yang diperlukan terkait APK.

Apa itu APK?

APK adalah istilah umum yang berarti Paket Aplikasi Android yang memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi pihak ketiga di perangkat android kita. Ini adalah penginstal aplikasi utama untuk sistem operasi android dan sangat digunakan untuk mendistribusikan aplikasi melalui berbagai sumber.

 

Misalnya, jika Anda ingin menginstal beberapa aplikasi atau game di android Anda, bukan dari google play store, maka Anda dapat menggunakan file .apk. Cukup unduh aplikasi tertentu dari situs web dan instal di perangkat Anda.

Cara menginstal APK

Proses penginstalan APK dari situs cukup mudah, dan jika Anda seorang pemula, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menginstal aplikasi favorit Anda tanpa kesalahan.

Pertama-tama, kunjungi gbmods.net dan cari aplikasi atau game mod yang Anda inginkan.

Sekarang, klik tombol unduh, dan itu akan membawa Anda ke halaman berikutnya, di mana Anda dapat memilih versi spesifik Apk itu.

Pada langkah selanjutnya, klik tombol APK seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, lalu tunggu beberapa detik hingga tombol unduh muncul.

Proses pengunduhan akan dimulai pada detik berikutnya saat Anda mengklik tombol unduh.

Sekarang, pindah ke pengelola file perangkat Anda dan cari File APK yang diunduh.

Pilih dan klik tombol instalasi untuk memulai proses.

Berhasil! Anda sekarang dapat menikmati versi APK mod Anda.

Catatan: Jika Anda menginstal aplikasi untuk pertama kalinya dari situs web pihak ketiga, maka jangan lupa untuk mengaktifkan instalasi sumber tidak dikenal dari pengaturan.

APA ITU SAI?

SAI (Split APKs Installer) adalah penginstal aplikasi terkenal untuk perangkat android yang dilengkapi dengan fungsionalitas tingkat lanjut. Dengan SAI Anda dapat dengan mudah mengekspor APK terpisah di berbagai lokasi penyimpanan yang menyediakan instalasi yang mudah.

Bagaimana Cara Menginstal APK menggunakan SAI?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Menginstal APK menggunakan SAI:

Pertama, Anda harus menginstal aplikasi SAI dari google play store dan mengizinkan semua izin.

Sekarang, Anda harus menyesuaikan Instalasi dengan memilih opsi internal atau System File picker.

Kemudian pilih .apks yang ingin Anda instal menggunakan SAI dan klik tombol Instal.

Setelah beberapa detik, proses instalasi selesai dan Anda siap menggunakan Apk Anda.

Apa itu File OBB?

File OBB (Opaque Binary Blob) adalah format file data yang banyak digunakan yang membantu pengembang berbagi file besar dalam berbagai format. Tujuan utama menggunakan File OBB adalah distribusi Apk yang mudah tanpa kesalahan. Ada banyak Apk atau game mod yang membutuhkan data tambahan untuk dijalankan, dan itu bisa dilakukan dengan File OBB.

Bagaimana Cara Menginstal File OBB?

Jika Anda ingin mengunduh File OBB di perangkat Anda, lihat prosedur Unduhan Apk, yang disebutkan di atas. Kemudian ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk bergerak menuju proses instalasi OBB.

Langkah 1: Setelah proses pengunduhan selesai, buka pengelola file perangkat Anda dan cari File OBB yang baru saja diunduh.

Langkah 2: Pada langkah selanjutnya, Anda harus mengekstrak File OBB (disarankan ZArchiver). Sekarang salin file yang diekstrak dan tempel di folder Android

Selamat! Sekarang Apk Anda berfungsi sepenuhnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image