Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

5 Rekomendasi Situs Belajar Online Terbaik dan Gratis

Eduaksi | Monday, 08 Nov 2021, 21:54 WIB
Kegiatan belajar online yang dilakukan oleh murid di masa pandemi Covid-19

Saat ini belajar tidak hanya bisa dilakukan di kelas tatap muka dengan guru. Kamu juga bisa melakukan kegiatan pembelajaran melalui beberapa situs belajar online yang akan Retizen bagikan kali ini. Ini juga dikaitkan dengan masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan terganggunya kegiatan belajar-mengajar konvensional, kemudian beralih ke daring.

Sesungguhnya ada banyak sekali lho situs belajar online yang dapat digunakan. Kamu bisa belajar apa saja, mulai dari pelajaran sekolah, hingga ilmu pengetahuan umum lainnya. Bahkan, banyak juga dari situs online ini yang gratis lho! Seru kan? Nah, langsung aja simak 7 rekomendasi situs belajar online berikut. Keep scrolling!

1. Unicen

Pernah mendengar tentang Unicen? Unicen merupakan sebuah kelas online yang disediakan oleh beberapa Universitas dunia, seperti Oxford, John Hopkins University, Stanford, UC San Diego, dan lainnya. Melalui Coursera, kamu bisa mengikuti belajar apapun pelajaran kuliah yang kamu inginkan. Subjek yang disediakan juga sangat beragam, lho. Mulai dari musik, kedokteran, psikologi, hingga fotografi. Setiap kelas ini dapat diikuti dalam jumlah massal, bahkan hingga puluhan ribu peserta.

Nah, sebagian besar kelas yang ada di Unicen gratis karena ditujukan untuk memperluas akses pendidikan di seluruh dunia. Namun, ada juga beberapa course yang berbayar jika kita ingin mengikuti materi secara lengkap dan mendapatkan sertifikat. Tertarik? Langsung aja kunjungi unicen.ac.id

2. Brain Academy Online

Brain Academy Online merupakan bimbel live interaktif terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia. Apa saja yang akan kamu dapatkan di Brain Academy Online? Dengan berlangganan Brain Academy Online, kamu bisa mengakses Live Teaching interaktif terjadwal secara aman via aplikasi dan desktop dengan Star Master Teacher serta Klinik PR online bersama Master Teacher untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kamu juga bisa berdiskusi mengenai jurusan dan masalah akademik lainnya melalui Konseling Pendidikan melalui privat video online dengan guru wali, serta akan disediakan pula laporan perkembangan anak untuk orang tua. Selain itu, kamu akan diberikan modul belajar lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah. Ada juga Kelas Pengembangan Diri untuk mengetahui tips masuk PTN favorit, dan tryout ujian dengan tipe soal terbaru. Langsung kunjungi website brainacademy.id.

3. Khan Academy

Khan Academy sudah didirikan sejak tahun 2006 dan termasuk situs belajar online tertua di internet. Khan Academy menawarkan video belajar dan latihan yang dapat memudahkan pembelajaran para penggunanya. Melalui platform ini, kamu bisa belajar matematika sesuai dengan pengelompokkannya, seperti misalnya Aritmatika, Geometri, Kalkulus atau Trigonometri.

Materinya juga sudah dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, lho. Ada juga materi untuk persiapan ujian SAT, MCAT atau GMAT. Namun, setelah menyelesaikan suatu course, Khan Academy tidak memberikan sertifikat. Tapi jangan khawatir, semua materi pelajaran dapat kamu pelajari secara gratis. Yuk, cek di khanacademy.org.

Baca Juga: Efektivitas belajar daring di masa pandemi Covid-19

4. edX

edX merupakan hasil kerjasama dari dua universitas terkenal, yaitu Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012. Nah, berbeda dengan situs belajar online lainnya, edX dikelola oleh universitas dengan prinsip non-profit dan open source. Apa sih maksudnya? Jadi, di sini siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs belajar online-nya sendiri.

Terdapat sekitar 1038 materi pelajaran yang dapat kamu akses secara gratis di edX, mulai dari TOEFL Preparation, seni & budaya, hingga arsitektur. Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan Verified Certificate setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan. Yuk, daftar di edx.org

5. Alison

Nah, situs yang satu ini termasuk pelopor dari situs belajar online gratis di dunia, lho. Alison dibuat pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah mempunyai lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari beragam institusi seperi Microsoft, Google dan berbagai universitas terkemuka dunia lainnya. Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Perbedaan antara keduanya adalah Diploma Courses membahas materi dengan lebih mendalam dan sertifikat hanya tersedia dalam bentuk cetak. Berminat? Kamu bisa coba di alison.com.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image