Kapan Puasa Idul Adha 2022 dimulai? Ini Penjelasan dari Kemenag

Image
Galang Sahtiyanza
Info Terkini | Thursday, 07 Jul 2022, 00:26 WIB

Ada dua jenis puasa sebelum Idul Adha 2022 yang dianjurkan untuk dijalankan yakni Puasa Arafah dan Tarwiyah. Lalu, kapan mulai Puasa Arafah?

Mengacu pada hasil sidang isbat Idul Adha 2022 yang telah digelar Kementerian Agama (Kemenag), 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat (1/7/2022) dan Idul Adha 2022 pada tanggal 10 Juli. Sedangkan pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha 2022 jatuh tanggal 9 Juli.

Dari hasil sidang isbat tersebut, Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada Jumat, 8 Juli 2022. Sedangkan Puasa Arafah dilaksanakan sehari setelahnya yakni 9 Dzulhijjah bertepatan hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Berikut jadwal lengkap kapan mulai puasa Arafah dan Tarwiyah :

Puasa Tarwiyah: Jumat, 8 Juli 2022

Puasa Arafah: Sabtu, 9 Juli 2022.

BACA JUGA : Niat Puasa Dzulhijjah Serta Bacaan Latin dan Artinya

Keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah

Dikutip dari Buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karya Hanif Luthfi, Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang besar daripada puasa sunnah 9 hari pertama Dzulhijjah lainnya, Keistimewaan puasa Arafah ini diungkapkan dalam hadits berikut:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ اَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهُ، وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ اَحتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

“ Dan puasa pada hari Arafah –aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) –aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu.” (HR Muslim, Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi, dan lain-lain).

Sedangkan keutamaan Puasa Tarwiyah disebutkan dalam hadits yang secara khusus menganjurkan puasa di hari tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah). Hadis itu menyatakan

”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.”

Demikian penjelasan mengenai puasa Idul Adha 2022 terkait kapan mulainya Puasa Arafah dan Tarwiyah beserta niat dan keutamaan.

Wallahu A'lam

BACA SELENGKAPNYA >>> KLIK DISINI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Bupati Klaten Sri Mulyani Hadirkan Jikustik dalam Acara gebyar UMKM Delanggu Klaten

Image

Menjaga Semangat, Petugas Nusakambangan-Cilacap Kedatangan Motivator Nasional

Image

Konsep Ekonomi Syariah dalam Pariwisata Halal Kota Batu-Jawa Timur

Image

Kemenkumham Raih Predikat Sistem Merit Sangat Baik

Image

Kebijakan Fiskal dilihat dari Persefektif Islam

Image

Kebijakan Fiskal Terhadap Perkembangan Bank Syariah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image