Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Galang Sahtiyanza

Niat Puasa Dzulhijjah Serta Bacaan Latin dan Artinya

Agama | Tuesday, 05 Jul 2022, 00:53 WIB

Niat puasa sunnah hari ke-1,2,3,4,5,6 hingga 7 Dzulhijjah adalah bacaan niat berpuasa yang dibaca di 7 hari pertama sebelum Hari Raya Idul Adha 2022.

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu waktu yang dimuliakan Allah yang mana terdapat sejumlah amalan sunah, mulai dari sedekah, puasa, hingga salat Iduladha.

Dikutip dari tulisan Hengki Ferdiansyah yang berjudul Ini Keutamaan Puasa Sembilan Hari di Bulan Dzulhijjah, terdapat hadits riwayat Ibnu ‘Abbas yang ada di dalam Sunan At-Tirmidzi yang menyebut anjuran memperbanyak amal saleh.

رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر

Artinya, “Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR At-Tirmidzi).

Berdasarkan hadist tersebut, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu mulia untuk melakukan amalan-amalan, termasuk anjuran puasa 9 hari pada awal Dzulhijjah.

Puasa Sunnah Hari 1,2,3,4,5,6,7 Dzulhijjah

Selain puasa Arafah dan Tarwiyah, salah satu puasa sunnah yang dilakukan menjelang Idul Adha adalah puasa di 7 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Jadi, puasa Dzulhijjah biasanya dilakukan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah. Hadis yang menjadi salah satu dasar keutamaan atau kesunnahan puasa Dzulhijjah yang dilaksanakan pada tanggal 1-7 adalah sebagai berikut.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya," HR. Abu Daud no. 2437.

Niat Puasa Sunnah Hari Ke-4, Ke-5, Ke-6, dan Ke-7 Bulan Dzulhijjah

Berikut ini adalah niat Puasa Dzulhijjah lengkap arab, latin, dan artinya. Niat puasa dzulhijjah ini dibaca di hari 1,2,3,4,5,6, dan 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala
Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala

BACA SELENGKAPNYA >>> KLIK DISINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image