Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Cara Memilih Software Akuntansi yang Baik dan Tepat untuk Bisnis

Teknologi | Friday, 05 Nov 2021, 17:18 WIB
Gambar: Harmony.co.id

Software akuntansi sangat mengurangi potensi kesalahan manusia yang datang dengan akuntansi di atas kertas, dan memungkinkan Anda untuk mengakses informasi penting hanya dalam beberapa penekanan tombol.

Tetapi dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, menemukan software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda bisa jadi sulit. Berikut adalah lima tip untuk membantu Anda menemukan software yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

1. Pertimbangkan kebutuhan dan keterampilan akuntansi Anda

Bergantung pada industri Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan software khusus yang dirancang untuk membantu bisnis di ceruk pasar Anda. Misalnya, ada aplikasi yang disesuaikan untuk bisnis di sektor manufaktur, untuk pengecer dan restoran, serta untuk banyak jenis perusahaan komersial lainnya.

Melakukan riset itu penting, karena aplikasi yang Anda pilih akan berdampak langsung pada bagaimana pendapatan Anda dikelola. Penting juga untuk mempertimbangkan bahwa meskipun software akuntansi dapat membuat tugas pembukuan menjadi lebih mudah, masih memerlukan sejumlah literasi keuangan. Secanggih apapun aplikasi, itu masih hanya alat. Mereka yang menggunakan software harus tahu apa yang harus dilakukan dengannya.

2. Lihat aplikasi cloud

Dengan komputasi awan menjadi pengaruh yang lebih menonjol dalam bisnis modern, penting untuk tidak mengabaikan banyak aplikasi akuntansi online yang tersedia.

Aplikasi cloud hadir dengan berbagai manfaat. Mereka dapat diakses dari lokasi mana pun dengan koneksi Internet yang kuat, dan Anda tidak perlu membeli lisensi software atau server untuk menjalankannya. Instalasi pemutakhiran dan tambalan dilakukan di ujung server, sehingga Anda dan staf TI Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui software. Dan, aplikasi cloud bisa diakses menggunakan tablet, laptop atau smartphone. Selanjutnya, catatan Anda disimpan dengan aman di pusat data yang jauh dari lokasi fisik bisnis Anda; ini memastikan keselamatan mereka jika terjadi bencana lokal atau peristiwa destruktif lainnya.

Sentuhan lain pada akuntansi cloud: Beberapa software manajemen bisnis berbasis cloud (seperti LivePlan) terintegrasi dengan software akuntansi (seperti QuickBooks). Jadi, jika kemampuan untuk mengakses informasi keuangan Anda dari mana saja dengan koneksi internet (daripada hanya dapat melihatnya di kantor Anda) menarik bagi Anda, lihat aplikasi bisnis berbasis cloud yang menawarkan integrasi dengan software akuntansi yang Anda sukai.

3. Ingatlah anggaran Anda

Ada software akuntansi bisnis yang tersedia untuk memenuhi semua anggaran. Aplikasi umum untuk basis pengguna yang lebih luas dapat diunduh gratis atau dibeli dari rak dengan harga lebih rendah.

Namun, semakin terspesialisasi software, semakin mahal harganya, karena basis pengguna untuk software khusus biasanya relatif kecil. Jika Anda menginginkan sesuatu yang spesifik untuk industri Anda atau disesuaikan untuk perusahaan Anda, Anda harus siap membayar mahal.

4. Perhatikan fitur tambahan

Pengaya membawa fungsionalitas ekstra ke aplikasi akuntansi bisnis. Misalnya, mereka memungkinkan Anda untuk mengakses software dari jarak jauh, menerima pembayaran online, dan mengintegrasikan software akuntansi dengan software e-niaga Anda. Ada juga add-on yang membuat software akuntansi kompatibel dengan software pajak.

5. Buat keputusan dengan bantuan akuntan Anda

Akuntan Anda mungkin lebih suka Anda memilih aplikasi yang kompatibel dengan yang dia gunakan. Setiap bisnis berbeda; akuntan Anda berada dalam posisi terbaik untuk memberikan pendapat terdidik tentang mana yang merupakan pilihan terbaik untuk perusahaan Anda. Akuntan Anda bahkan mungkin dapat membantu Anda menyiapkan software yang Anda pilih.

Apapun software akuntansi bisnis yang Anda pilih, ingatlah bahwa Anda tidak berkomitmen untuk itu seumur hidup, karena sebagian besar software memungkinkan untuk beberapa bentuk konversi. Meski begitu, keputusan itu tidak boleh dibuat sembarangan. Anda pasti tidak ingin membuat komitmen untuk satu aplikasi dan mulai menginvestasikan waktu ke dalamnya, hanya untuk mengetahui bahwa Anda harus beralih ke yang lain hanya beberapa bulan kemudian.

Namun, Harmony bisa menjadi solusi bagi Anda yang mencari software akuntansi terbaik untuk perkembangan bisnis. Anda bisa mengunjungi situs resmi Harmony.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image