Salad Sayur : Appetizer yang Kaya Nutrisi

Image
Thresia Antiq
Gaya Hidup | Tuesday, 05 Jul 2022, 15:32 WIB
Salad sayur dengan dressing mayonaise

Pepatah mengatakan kesehatan adalah investasi. Menjalani gaya hidup sehat menjadi prioritas sebagian besar orang. Orang percaya bahwa dengan gaya hidup sehat tubuh tidak mudah sakit, senantiasa fit dan bugar. Salah satu aspek pola hidup sehat adalah pemilihan asupan yang rendah kalori, tetapi tinggi kandungan zat gizi. Secara proporsi, asupannya mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lebih kaya serat (misalnya kentang) dan protein dari sayuran perlu diperbanyak, sehingga perut bisa kenyang dengan asupan gizi yang seimbang.

Salad sayur merupakan salah satu alternatif asupan bernutrisi tinggi. Umumnya salad sayur dijadikan hidangan pembuka (appetizer) yang disajikan dalam porsi ringan. Salad sayur biasanya disajikan dengan dressing atau saos melimpah yang umumnya menggunakan mayonaise.

Berikut ini beberapa sayuran yang biasanya digunakan sebagai bahan salad karena kandungan nutrisinya yang baik :

1. Kentang

Untuk memenuhi nutrisi karbohidrat, kentang bisa ditambahkan sebagai alternatif pengganti nasi yang lebih sehat dan mengenyangkan. Kentang mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Selain itu kentang dapat membantu mengendalikan gula darah dan baik untuk pencernaan. Cara menggunakan kentang untuk salad sayur yaitu dengan membersihkan dan merebusnya terlebih dahulu, lalu dipotong dadu beserta kulitnya.

2. Salada Hijau

Salada hijau merupakan sayuran dengan tampilan yang segar. Selada termasuk salah satu sayuran utama yang harus ada dalam menu salad sayuran. Salada merupakan sumber vitamin A dan K yang sangat tinggi. Selain itu, daun selada juga mengandung zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat yang baik untuk tubuh. Selada baik untuk kesehatan jantung, merawat kecantikkan kulit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk menggunakan selada dalam salad yaitu dengan mencuci hingga bersih, dan gunakan dalam keadaan mentah dan segar.

3. Jagung Manis

Jagung manis juga bisa digunakan sebagai sayuran dalam salad. Jagung manis kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin B9 yang terkandung dalam jagung manis juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jagung manis juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat.

4. Brokoli

Brokoli mengandung magnesium, fosfor, sedikit seng dan zat besi, diperkaya dengan sodium rendah, kalori dan tinggi akan serat vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A. Brokoli dapat mencegah kanker, masalah jantung, mengurangi kolesterol, dan baik untuk kesehatan tulang.

5. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Diperkaya juga dengan magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, sodium, serat, dan antioksidan. Sayuran rendah kalori ini dapat mengurangi sakit radang, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker, dan banyak lagi. Untuk salad, sayuran ini digunakan dalam keadaan mentah dan segar setelah dibersihkan.

Salad Sayur Ala Indonesia

Salad dengan dressing bumbu khas Indonesia

Salad tak melulu disajikan dengan dressing mayonaise. Ada beberapa salad khas Indonesia dengan bumbu tertentu sebagai dressing. Berikut ini adalah beberapa salad ala Indonesia :

1. Gado-gado

Gado-gado terbuat dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, kentang, dan selada, serta ditambah telur, tahu, ataupun tempe yang dilumuri saus kacang dan ditambah dengan kerupuk yang renyah.

2. Pecel

Makanan ini biasanya dinikmati saat sarapan. Pecel juga terbuat dari beberapa rebusan sayuran, seperti kacang panjang, kecambah, kemangi, dan kubis, yang diguyur saus kacang.

Berbeda dengan gado-gado yang dicampur tahu, tempe, dan telur, pecel dibuat dari sayuran saja. Umumnya, pecel dikonsumsi dengan nasi dan rempeyek.

3. Karedok

Ada banyak sayur dalam makanan ini, seperti timun, kol, kecambah, kemangi, terong, dan lainnya. Saus karedok terbuat dari kacang yang digiling bersama gula aren, garam, dan cabai. Tetapi, rasa sausnya bisa menyesuaikan, seperti ditambah terasi, bawang putih, atau bahan lainnya.

4. Asinan

Asinan mengacu pada salad yang dibuat dari acar buah atau sayuran. Bahan asinan yang paling umum adalah kubis dan timun.

5. Rujak Cingur

Makanan ini dibuat dari buah, sayuran, dan cingur (moncong sapi). Kombinasi cingur, buah, dan sayuran ini lalu disiram dengan saus dari kacang, gula, cabai, dan terasi.

Selain kelima makanan itu, ada juga salad tradisional ala Indonesia lainnya, seperti ketoprak, urap, lalap, selat soto, dan rujak soto yang menjadi kuliner khas daerah di Indonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pijat Kinasih Adalah: Definisi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Image

Karutan Majene Gelar Dzikir Bersama Warga Binaan di Hari 10 Muharram

Image

KEMENKUMHAM CATAT 2 REKOR MURI PADA LOMBA ESPORTS

Image

5 Jenis Sepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui

Image

Today, Hari Kucing Sedunia

Image

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image