Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Mengenal Apa Itu Absensi Mobile Lengkap dengan Manfaatnya

Teknologi | Friday, 05 Nov 2021, 14:17 WIB
Gambar: Appsensi.com

Berkat perkembangan teknologi yang cukup cepat, membuat hampir semua aktivitas mampu dilakukan dengan mudah. Seperti salah satunya yaitu sistem absensi yang pada umumnya dilakukan secara offline kini tergantikan oleh absensi mobile.

Sebelum mengenal lebih dalam tentang absensi mobile, alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu absensi mobile terlebih dahulu. Berikut berbagai penjelasan mengenai absensi mobile yang dilansir dari Appsensi.com.

Mengenal Apa itu Absensi Mobile

Absensi mobile adalah sistem absensi yang dilakukan secara online. Sistem absensi yang satu ini cukup mudah diterapkan, karena pengguna bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Meskipun dilakukan secara online, data yang terdapat pada sistem absensi ini tidak akan bocor, ataupun tertukar. Karena, setiap peserta memiliki data diri berbeda.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Absensi Mobile

Baik menggunakana sistem absensi mobile ataupun konvensional, keduanya memiliki manfaat tersendiri. Tentu, bagi orang yang pernah menggunakan kedua sistem tersebut dapat membedakan manfaat yang didapatkan.

Berikut ini, beberapa manfaat yang akan diberikan oleh sistem absensi mobile untuk para pengguna atau pesertanya.

1. Meminimalisir Pengeluaran

Dengan menggunakan sistem absensi online, tentu Anda akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan, yaitu menghemat pengeluaran. Pasalnya, absensi mobile ini tidak memerlukan perangkat fisik seperti sistem absensi konvensional.

2. Mengurangi Kecurangan

Tak hanya pengeluaran, salah satu keunggulan dari absensi mobile online yaitu mampu memperkecil resiko kecurangan. Disini, sistem online menggunakan GPS untuk melacak suatu tempat.

Dengan begitu, para peserta absen bisa diketahui dimana tempat proses absensi dilakukan.

3. Kemudahan Rekap Data

Semua data yang tersimpan pada sistem online akan tertata rapi, hal ini tentu akan memudahkan sesi perekapan data yang dilakukan oleh para peserta absensi.

Nantinya, setiap data akan ditempatkan pada kategori masing-masing, sehingga proses perekapan dapat melihat informasi secara detail dari absensi tersebut.

4. Akurat

Sistem absensi online akan merekap jam absensi yang dilakukan oleh peserta. Dengan begitu, akan terlihat hasil yang didapatkan oleh tiap karyawan dalam suatu perusahaan.

5. Always Update

Absensi mobile dapat terhubung dengan koneksi LAN terhadap berbagai sistem lainnya, seperti penggajian. Sistem gaji yang dilihat dari kehadiran dan kerajinan karyawan dapat dilihat dari absensi online.

Pastinya, berbagai hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan, pulang terlalu cepat, hingga tidak masuk tanpa ijin dapat diketahui melalui absensi online. Dengan begitu, pekerja yang bertugas membagi gaji akan lebih mudah melakukan proses rekap data untuk menggaji karyawan.

Alasan Mengapa Menggunakan Aplikasi Absensi Mobile

Dengan beberapa manfaat diatas, tentu bisa dijadikan alasan mengapa harus beralih menggunakan sistem absensi online ini. Namun disamping itu, masih terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan absensi mobile, sebagai berikut:

1. User Friendly

Tidak semua aplikasi absensi memiliki tampilan interface yang mampu memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Namun, Appsensi memiliki UI yang cukup user friendly, sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir merasa kebingungan.

2. Fitur Mumpuni

Selain itu, absensi mobile dari Appsensi juga memiliki berbagai fitur unggulan, seperti Payroll yang menjadi solusi untuk menggaji karyawan, hingga menghitung BPJS Kesehatan, serta sistem rekap data yang memungkinkan Anda dapat terkoneksi dengan berbagai aplikasi lain.

3. Hemat Biaya & Tenaga

Seperti yang sudah dibahas diatas, aplikasi absensi online akan menghemat biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan perusahaan. Pasalnya, absensi dapat dilakukan melalui smartphone yang tentunya sangat praktis.

Appsensi.com menjadi solusi untuk Anda yang ingin beralih atau menggunakan sistem absensi online ini. Disini, Anda juga akan diberikan trial secara gratis untuk mencoba menggunakan layanan yang diberikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image