Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PD Pontren Brebes

Bupati Brebes Rencanakan Buka Halaqoh Pesantren

Info Terkini | Thursday, 04 Nov 2021, 08:22 WIB

Pondok Pesantren yang berkembang di Kab Brebes hampir mendekati 200 lembaga yang terdaftar pada Kementerian Agama. Tipologi Pondok pesantren dikelompokkan menjadi Pondok Pesantren modern dengan menyelenggarakan pendidikan formal dan Pondok pesantren Salafiyah yang hanya menyelenggarakan pendidikan berbasis kitab kuning. Untuk model yang kedua memberikan pelayanan pendidikan kesetaraan dan muadalah. Keberadaan Pesantren dengan terbitnya UU Pesantren maka secara legitimasi menjadi kuat. Hal ini tentu harus berimbas pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan pesantren.

Pondok pesantren dengan ketiga fungsinya, pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat akan semakin kuat dengan munculnya kepres no 82 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren. Disamping itu peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat akan banyak dinikmati oleh lingkungan pesantren. Sehingga hadirnya masyarakat memberikan keberkahan kepada masyarakat lingkungan Pesantren.

Namun demikian kita juga tidak boleh eforia dengan munculnya beberapa regulasi tentang Pesantren. Kemandirian dan ruh dan tradisi pesantren yang bersifat ideologis harus menjadi prinsip dan kekuatan pesantren. Sehingga tidak menjadikan komunitas pesantren yang nanti hanya disibukkan dengan mencari dana untuk membesarkan pesantren.

Oleh karena itu, kami memunculkan gagasan Halaqah Pesantren dalam menyambut UU Pesantren dan Perpres tersebut sebagai washilah agar Pondok pesantren semakin berkualitas dengan lulusan yg cerdas secara intelektual dan spiritual. Tentu untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan beberapa perangkat regulasi ditingkat daerah sebagai dasar yuridis dalam menentukan kebijakan anggaran. Demkian ditegaskan Kasi PD Pontren saat Rapat Koordinasi Panitia di ruang Seksi PD Pontren, Senin , 1 Nopember 2021.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti dijadwalkan akan membuka Halaqoh tersebut setelah sholat jumat. Ketua DPRD juga direncanakan akan turut hadir dalam Pembukaan yang akan berlangsung nanti hari Jumat , 5 Nopember 2021 di Islamic Center Brebes, imbuh Gus Akrom.

Rapat yang berlangsung kurang lebih dua jam membahas persiapan teknis Halaqah yang akab menghadirkan beberapa Nara sumber. Adapun Nara sumber luar daerah yang akan memberikan materi kepada peserta yaitu Dr KH Fadlolan Musyafa,Lc Pengasuh Pondok Pesantren Fadhlul Fadlan Mijen Semarang. Beliau sudah menyatakan siap hadir untuk memberikan paparan materi tentang Pesantren dalam kapasitas sebagai Kyai dari Pesantren.

Sementara Nara sumber dari daerah Ketua DPRD Kab Brebes, Kepala Kantor Kemenag, Bupati Brebes.

Adapun peserta yang akan mengikuti Halaqoh tersebut pada pengasuh pesantren di Kab Brebes, pengurus FKPP se Kab Brebes. Acara Halaqoh yang akan digelar 2 hari ini akan diakhiri dengan merumuskan beberapa rekomendasi, imbuh Gus Akrom.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image