10 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri untuk Lulusan SMA

Image
Tulis Aja
Edukasi | Sunday, 03 Jul 2022, 17:40 WIB
Unsplash" />
Sumber foto: Unsplash

Beasiswa Luar Negeri untuk Lulusan SMA

Apakah kamu lulusan SMA dan mau lanjut kuliah di luar negeri dengan beasiswa? Hal ini mungkin banget! karena jumlah beasiswa S1 di luar negeri sendiri sebenarnya cukup banyak. Tapi, memang perlu usaha untuk mencarinya. Beberapa beasiswa umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota dan pembiayaan yang berbeda-beda. Nah, kali ini Scholars telah merangkum beberapa beasiswa luar negeri untuk lulusan SMA nih. Yuk baca informasinya sampai selesai, siapa tahu satu kamu tertarik mendaftar beasiswa-beasiswa yang ada dibawah ini.

10 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri untuk Lulusan SMA

1. Beasiswa KGSP

Beasiswa KGSP yang merupakan kepanjangan dari (Korean Government Scholarship Program) adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada para pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi S1, bahkan S2 dan S3 di Korea Selatan. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh alias mengcover semua biaya seperti tiket pesawat, biaya kuliah, living cost dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Pendaftaran Beasiswa: Beasiswa ini biasanya menutup pendaftaran pada bulan November tiap bulannya. Adapun beberapa program beasiswa yang bisa di apply bisa dicek di tautan berikut ini: Beasiswa KGSP

2. Beasiswa MEXT

Beasiswa MEXT atau Monbukagakusho adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sama halnya seperti Beasiswa KGSP, beasiswa ini pun meng-cover biaya studi, biaya hidup, tiket pesawat dan visa. Untuk jenjang S1, dibutuhkan waktu tambahan 1 tahun jadi total kuliahnya adalah 5 tahun. Hal ini dikarenakan kamu wajib mengikuti kelas persiapan selama satu tahun. Jadi dibutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun untuk menyelesaikan studi S1.

Cakupan program beasiswa ini meliputi: biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 (Rp 15.652.560) per bulan, tiket pesawat pp, hingga biaya pembuatan visa gratis.

Pendaftaran Beasiswa: Beasiswa ini biasanya ditutup pada bulan Mei setiap tahun. Info lengkap kunjungi tautan berikut ini: MEXT Gakubu (I) Japan

3. Beasiswa Mitsui Bussan

Jika kamu sangat tertarik dengan negara Jepang dan ingin melanjutkan study ke negeri Sakura, mungkin Beasiswa Mitsui Bussan bisa menjadi salah satu rekomendasi. Setelah menyelesaikan kuliah di Jepang, para penerima beasiswa diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk Indonesia. Untuk jangka waktu yang ditempuh dalam menyelesaikan S1. Penerima Beasiswa S1 Mitsui Bussan akan menempuh Pendidikan selama 5,5 tahun. 1,5 tahun untuk belajar bahasa jepang dan 4 tahun untuk menempuh S1. Sama seperti beasiswa yang telah disebutkan sebelumnya, Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang artinya biaya kuliah, tiket pesawat, akomodasi, tunjangan kedatangan dan biaya hidup kamu selama di Jepang akan ditanggung penyelenggara beasiswa. Terdapat 3 tahapan seleksi dalam beasiswa ini, yaitu seleksi tulis, kedua seleksi berkas, dan yang terakhir ialah seleksi wawancara.

Cakupan beasiswa ini meliputi: gratis biaya pendaftaran, tunjangan biaya hidup senilai 145.000 Yen (± Rp18 juta) setiap bulan, tiket pesawat kelas ekonomi pp Indonesia – Jepang pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa, tunjangan kedatangan senilai 50.000 yen (± Rp6 juta) yang diberikan pada saat kedatangan di Jepang, serta gratis biaya perkuliahan termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang.

Pendaftaran Beasiswa: Beasiswa ini biasanya membuka pendaftaran pada bulan Februari tiap tahunnya. Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa diliat di tautan berikut: Mitsui Bussan Scholarship

4. Beasiswa Türkiye Bursları

Türkiye Bursları adalah beasiswa fully funded yang diselenggarakan oleh Pemerintah Turki untuk seluruh pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi S1, S2 dan S3 di Turki. Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa popular di kalangan mahasiswa dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan study di Turki. Fasilitas beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, tiket pesawat dan asuransi kesehatan. Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya selama studi di turki. Sebelum resmi menjadi mahasiswa disana, kamu diwajibkan untuk mempelajari bahasaTurki selama setahun. Hal ini berlaku untuk semua jenjang Pendidikan S1, S2 maupun S3. Jadi jika kamu ingin mengambil S1, total waktu studi yang akan kamu tempuh adalah 5 tahun.

Cakupan beasiswa: penempatan ke universitas dan program studi, uang bulanan sebesar 800 TL (Rp 1.521.269) per bulan, uang kuliah, tiket penerbangan pulang ke negara asal sekali, asuransi kesehatan, akomodasi, dan kursus bahasa Turki satu tahun.

Pendaftaran Beasiswa: Periode pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap Januari hingga Februari tiap tahunnya. Informasi lengkap mengenai pendaftaran: Beasiswa Türkiye Bursları

5. Beasiswa Turkiye Diyanet Foundation

Beasiswa Diyanet Bursları adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh TDV (Türkiye Diyanet Vakfi) yakni lembaga keagamaan non-pemerintah yang didirikan pada 13 Maret 1975 oleh menteri agama pada saat itu. Tujuan dari beasiswa S1 ini pada dasarnya adalah untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dari seluruh dunia untuk belajar pendidikan agama di Turki. Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang artinya semua biaya perkuliahan dimulai dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat tiap tahun, akomodasi hingga tunjangan bulanan akan ditanggung oleh TDV.

Pendaftaran Beasiswa: Program beasiswa ini rutin dibuka pada bulan Februari hingga Maret tiap tahun. Link pendaftaran: Beasiswa Turkiye Diyanet Foundation

6. Beasiswa Jardine Foundation

Jardine Foundation adalah Lembaga penyelenggara beasiswa perusahaan besar China yakni Jardine Matheson Group pada tahun 1982. Hingga kini terdapat lebih dari 300 pelajar yang telah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Oxford University dan Cambridge University, UK. Beasiswa ini adalah beasiswa untuk melanjutkan kuliah S1 di 2 universitas bergengsi tersebut yakni University of Cambridge dan University of Oxford yang terdiri dari 30 program sarjana yang didalamnya mencakup lebih dari 60 program studi. Beasiswa ini juga merupakan beasiswa fully funded yang tentunya semua biaya kuliah akan ditanggung oleh penyelenggara beasiswa.

Pendaftaran Beasiswa: Pendaftaran biasanya dibuka rutin pada Februari hingga September. Informasi lengkap dan pendaftaran: Jardine Foundation & Pendaftaran Beasiswa

7. Beasiswa ICCR India

ICCR (Indian Council for Cultural Relations) adalah beasiswa dari pemerintah India yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan kuliah jenjang S1 S2 S3 di India. Beasiswa ini adalah beasiswa fully-funded yang tentunya akan meng-cover semua biaya baik itu biaya kuliah, biaya hidup bulanan, uang sewa tempat tinggal, uang buku, dan visa.

Pendaftaran Beasiswa: Program beasiswa Pemerintah India ini biasanya rutin dibuka pada bulan April hingga Mei setiap tahun. Informasi lengkap: Beasiswa ICCR

8. Beasiswa Innopolis University International Scholarship – Rusia

Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Innopolis University yang ditujukan kepada calon mahasiswa international untuk jenjang S1 dan S2. Innopolis University sendiri merupakan salah satu universitas terkemuka di Rusia yang berfokus pada pengajaran di bidang IT dan Robotik. Cakupan beasiswa ini meliputi: biaya kuliah, tunjangan bulanan, dll.

Pendaftaran Beasiswa: Program beasiswa ini dibuka rutin pada bulan Mei hingga Juni setiap tahunnya. Informasi lengkap mengenai pendaftaran: Beasiswa Innopolis University International Scholarship

9. KAIST Scholarship

Beasiswa ini cocok untuk kamu yang sangat tertarik dengan ilmu teknologi di negeri ginseng, Korea. KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) adalah salah satu kampus teknologi terbaik yang telah menghasilkan alumni hebat, seperti Rim Ji Hoon pendiri aplikasi Kakao Talk dan Hae Jin Lee pendiri aplikasi LINE.

Cakupan beasiswa ini meliputi: gratis biaya kuliah selama 8 semester, biaya hidup (sebesar $ 300 atau Rp 4,3 juta per bulan), dan biaya asuransi kesehatan.

Pendaftaran Beasiswa: Pendaftaran program beasiswa ini rutin dibuka pada bulan September – Oktober setiap tahun. Informasi lengkap: Beasiswa KAIST

10. International Fashion Academy Paris Scholarship

Kamu ingin menjadi desainer kelas dunia? International Fashion Academy (IFA) Paris membuka beasiswa kuliah untuk program S1 dan S2. Khusus program S1, kamu bisa memilih 4 program studi, yaitu:Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing, dan Bachelor Fashion Sustainability.

Cakupan beasiswa ini berbeda di tiap program study, program study Full Scholarship (100% bebas biaya pendidikan), deadline: 15 Maret 2022; program study Excellence Scholarship (pengurangan biaya pendidikan sebesar 40%), tidak ada deadline pengajuan; dan program study Distinction Scholarship (pengurangan biaya pendidikan sebesar 20%), tidak ada deadline pengajuan.

Pendaftaran Beasiswa: Info lengkap mengenai pendaftaran: Beasiswa IFA Paris

Nah itulah tadi 10 rekomendasi beasiswa luar negeri untuk lulusan SMA. Bagaimana, banyak bukan?! Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi memilih beasiswa yang ingin dituju. Tapi kamu harus teliti juga ya, beberapa beasiswa di atas mewajibkan kamu untuk memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS. Jadi persiapkan diri kamu untuk belajar bahasa Inggris terlebih dahulu ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis aja, jangan harap yang lain

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image