Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rido Rizki andriawan

Dimensi Etika Organisasi

Info Terkini | Sunday, 03 Jul 2022, 02:42 WIB

Telah dikemukakan bahwa etika pengertiannya adalah cara bergaul atau berperilaku yang baik. Nilai-nilai etika terungkap dalam aturan-aturan maupun hukum, baik tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur bagaimana seseorang harus bersikap dan berperilaku dalam interaksinya dengan orang lain dan lingkungan masyarakatnya, termasuk juga dengan pemerintah. Dalam konteks organisasi, maka etika organisasi dapat berarti pola sikap dan perilaku yang diharapkan dari setiap individu dan kelompok anggota organisasi, yang secara keseluruhan akan membentuk budaya organisasi organizational culture yang sejalan dengan tujuan maupun filosofi organisasi yang bersangkutan

Manfaat etika dalam organisasi yaitu Memberi rasa tanggung jawab, Dapat dijadikan pedoman, Meningkatkan kredibilitas perusahaan ataupun organisasi,Menciptakan ketertiban dan keteraturan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Contoh Etika dalam Berorganisasi antara lain:

- melaksanakan tugas dan wewenang sesuai ketentuan yang berlaku;

- menjaga informasi yang bersifat rahasia;

- melaksanakan setiap kebijakan yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang;

- membangun etos kerja dan meningkatkan kinerja organisasi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image