Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfareji Febrian

Perspektif Kekuasaan dalam Negara Republik Indonesia

Politik | Tuesday, 02 Nov 2021, 17:57 WIB

Kekuasaan merupakan hal yang dipelajari saat belajar di sekolah maupun universitas. Kekuasaan memiliki arti penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan hal ini, paham kekuasaan penting bagi masyarakat di suatu negara.

Arti kekusaan itu sendiri adalah berarti yang berkuasa dan memimpin sesuatu. Sesuatu yang dimaksud adalah daerah atau negara. Kekuasaan ini diisi oleh orang-orang penting yang berada di jajaran pemerintahan. Seperti yang diketahui yang tertinggi dipegang oleh presiden, diikuti oleh kementrian gubernur, walikota dan bupati, kecamatan, kelurahan, hingga bagian ketua RW dan RT.

Setiap penguasa memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing. Presiden Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo mengemban tugas besar untuk membawa arah dan tujuan Bangsa Indonesia, president disini berisi berbagai bidang dan aspek yang ada di Negara Indonesia. Setelah itu tugas berbagai bidang diwakili oleh Kementerian Indonesia. Setiap menteri memiliki tujuan dan tugas untuk menciptakan hal-hal baru di berbagai bidang di Indonesia.Kemudian ada Gubernur Provinsi, yang menyimpan seluruh masyarakat di suatu provinsi. Gubernur agar lebih mudah dibantu oleh yang harus dilakukan oleh kuasa daerah seperti walikota/bupati, kecamatan, dan kelurahan. Sehingga pada lingkungan masyarakat sekitar, ada kekuasaan yang dipimpiin oleh Ketua RW dan RT setempat, yang menjaga ketentraman warga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image