Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risma Azzachra

FAKTOR KEBERHASILAN SUMBER DAYA ALAM DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA

Eduaksi | Thursday, 30 Jun 2022, 13:57 WIB

Sumber daya alam merupakan anugerah Tuhan bagi kehidupan manusia di bumi. Memiliki segala kekayaan alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Hutan, danau, gunung dan sumber daya alam lainnya, kekayaan yang bisa dimanfaatkan manusia, semuanya diberikan Tuhan secara cuma-cuma, tetapi bagaimana manusia bisa memanfaatkan dan mengolahnya dengan baik.

Berbicara tentang pembangunan Indonesia tentunya tidak terlepas dari hubungan dan kondisi nasional negara tersebut. Dari situasi ini, kita dapat melihat sejauh mana pembangunan ini dapat berfungsi secara normal, Indonesia sendiri sering dirundung banyak masalah terkait dengan peningkatan kesejahteraan rakyatnya.

Oleh karena itu, pembangunan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi, merupakan isu yang harus ditingkatkan dan menjadi fokus di tahun-tahun mendatang. Hal ini untuk mengatasi berbagai masalah seperti kemiskinan dan pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh. Untuk melakukan pembangunan ekonomi diperlukan banyak aspek maupun faktor yang dapat dilakukan.

Faktor Ekonomi dalam Pembangunan Indonesia

Sumber daya alam yang terlibat meliputi tanah dan sumber daya alam seperti kesuburan tanah, kondisi iklim dan cuaca, hasil hutan, pertambangan hingga hasil laut, yang kesemuanya pasti akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan industri suatu negara. Selain itu, keahlian dan kewirausahaan juga diperlukan dalam proses transformasi bahan mentah dari alam menjadi sesuatu yang bernilai (proses produksi).

Faktor Non Ekonomi dalam Pembangunan Indonesia

Faktor ini mencakup beberapa kondisi sosial budaya yang ada dalam suatu masyarakat, seperti kondisi politik, kelembagaan dan kelembagaan untuk pengembangan dan penerapannya. Kita tahu bahwa pembangunan ekonomi ini perlu mengingat hal-hal berikut:

1. Proses transformasi berkelanjutan menuju perbaikan, termasuk upaya peningkatan produk per kapita.

2. Fokus pada pertumbuhan penduduk.

3. Fokus pada distribusi pendapatan, termasuk pengembangan dan distribusi hasil.

4. Fokus pada pertumbuhan penduduk.

5. Meningkatkan taraf hidup warga negara.

Pembangunan ekonomi selalu berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Mengenai fungsi dan peran sumber daya alam hayati, perlu Anda ketahui bahwa Indonesia dikenal sebagai negara agraris, karena sebagian besar penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya dari pertanian atau bercocok tanam. Indonesia memiliki lebih dari 31 juta hektar lahan yang tersedia untuk budidaya, yang sebagian besar terletak di pulau Jawa.

Pemanfaatan sumber daya alam hayati berupa hewan dapat digunakan sebagai penolong pekerjaan berat manusia, misalnya kerbau dapat digunakan sebagai alat untuk mengolah sawah, dan kuda dapat digunakan sebagai alat transportasi. Sebagian besar masyarakat di Indonesia menggantungkan mata pencahariannya pada sektor pertanian, seperti bertani, beternak atau lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa pertanian merupakan sektor penting di Indonesia karena alasan berikut:

1. Pertanian di Indonesia merupakan potensi sumber daya alam yang sangat besar dan beragam.

2. Proporsi pendapatan nasional relatif besar.

3. Banyaknya masyarakat Indonesia yang menggantungkan mata pencahariannya pada sektor ini.

4. Menjadi landasan pembangunan pedesaan di Indonesia.

Peran Sumber Daya Alam Hayati dalam pembangunan ekonomi adalah:

1. Meningkatkan PDB.

2. Penciptaan pekerjaan.

3. Kesejahteraan Petani.

4. Makanan.

5. Menjadi ekonom pertumbuhan bisnis.

Peran Sumber Daya Alam Non Hayati sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam Bahan Tambang

Keberadaan bahan tambang Indonesia bahkan sempat dipertanyakan dunia internasional. Daya tarik Indonesia tidak hanya tercermin pada sektor pertanian, tetapi juga pada industri pertambangan merupakan salah satu potensi keunggulan Indonesia. Mineral di Indonesia sebagian besar dikelola oleh perusahaan asing. Mineral di Indonesia terdapat baik di darat maupun di laut. Tahukah Anda, pengelolaan mineral sendiri membutuhkan banyak modal, tenaga ahli dan teknologi tinggi. Peran sumber daya mineral dalam pembangunan ekonomi adalah sebagai sumber bahan baku untuk infrastruktur dan energi transportasi

2. Air

Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup. Selain itu, bumi tempat kita tinggal juga didominasi oleh air. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan air semakin meningkat, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk terus meningkatkan energi.. Air memegang peranan penting dalam aspek kehidupan manusia lainnya, yaitu sebagai alat transportasi. Di daerah terpencil Kalimantan, transportasi air masih sangat diandalkan.

3. Panas Bumi

salah satu contoh energi panas bumi adalah energi matahari. Kehidupan manusia sehari-hari membutuhkan panasnya matahari. Namun, sinar matahari juga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif dan dapat digunakan sebagai sumber listrik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image