Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tikim Kanim Polewali Mandar

DEKATKAN PELAYANAN KE MASYARAKAT, IMIGRASI POLMAN BERIKAN LAYANAN EAZY PASSPORT DI PT. CAHAYA HAROM

Info Terkini | Thursday, 30 Jun 2022, 10:40 WIB

POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar menyelenggarakan Layanan Eazy Passport yang bertempat di Kantor PT. Cahaya Haromain Utama pada Rabu (29/06/2022).

Pelaksanaan Layanan Eazy Passport ini guna memehuhi permohonan dari PT. Cahaya Haromain Utama yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar yang telah disampaikan sebelumnya.

Layanan Eazy Passport adalah pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling dan/atau mobile unit Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) dengan mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Kantor Imigrasi.

Pada kesempatan ini, petugas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar memberikan pelayanan paspor terhadap 21 (dua puluh satu) orang pemohon Calon Jemaah Umrah sesuai dengan yang diajukan oleh PT. Cahaya Harmoain Utama.

Akan tetapi, hanya 17 (tujuh belas) permohonan paspor yang dapat dilayani sampai dengan selesai sedangkan 4 (orang) permohonan paspor lainnya tidak dapat dilanjutkan sampai dengan selesai karena adanya pemohon Calon Jemaah Umrah yang tidak datang dan juga karena adanya duplikasi data.

Pemberian layanan Paspor tersebut dilaksanakan oleh 5 orang petugas dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar dengan menggunakan perangkat mobile unit Dokumen Perjalanan Republik Indonesia dengan tahapan pengecekan keabsahan berkas, pelaksanaan entri data, perekaman foto dan sidik jari, wawancara, pengecekan cekal, pengecekan BMS, dan pengecekan Warga Negara Ganda.

Permohonan paspor yang dapat dilayani pada Layanan Eazy Passport adalah permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis berlaku dan halaman penuh. Sedangkan untuk permohonan penggantian paspor yang hilang maupun rusak, tetap harus mengunjungi Kantor Imigrasi karena akan dilakukan Pemeriksaan terlebih dahulu.

Kepala Subseksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Made Hery Susanta turut mengawasi pelaksanaan Layanan Eazy Passport ini agar dapat berjalan dengan lancar di Kantor PT. Haromain Cahaya Utama.

“Diharapkan dengan adanya inovasi Layanan Eazy Passport ini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan permohonan paspor di lokasi yang telah disepakati tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi dan juga kami berharap masyarakat dapat merasakan kepuasan dari pelayanan kami ini” ujar Made Hery Susanta.

Selain itu, Made Hery Susanta beserta petugas lainnya memberikan sosialisasi terhadap pemohon Layanan Eazy Passport agar tidak menyalahgunakan Paspor yang telah diterbitkan dan menjaga Paspor tersebut dengan baik supaya tidak rusak ataupun hilang.

Bagi masyarakat yang akan melakukan permohonan paspor secara kolektif dan karena beberapa hal tidak bisa datang secara langsung ke Kantor Imigrasi, maka dapat menghubungi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar untuk dapat mengajukan permohonan Layanan Eazy Passport. Nantinya petugas dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar yang akan mendatangi masyarakat di lokasi yang telah disepakati bersama untuk melaksanakan pelayanan Paspor.

Pelaksanaan Layanan Eazy Passport ini secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar dan dalam pelaksanaannya tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat baik oleh petugas maupun para pemohon.

[TIKIM/DKS]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image