Seberapa Pentingkah Bahasa Inggris di Masa Depan?

Image
karina rizky
Edukasi | Wednesday, 29 Jun 2022, 23:46 WIB
Ilustrasi. Sumber: https://buku.kompas.com/read/1568/5-cara-jago-bahasa-inggris-yang-mudah-dilakukan

Dunia di era globalisasi kini semakin memudahkan akses informasi tentang berbagai hal, baik informasi yang bersumber dari dalam negeri maupun luar negeri. Mulai dari mencari bacaan berita, video materi pembelajaran, dan lain sebagainya kini sangat mudah untuk ditemukan hanya dari ponsel genggam saja. Namun, tak jarang ketika kita akan membaca suatu informasi di internet, hal tersebut sepenuhnya berbahasa Inggris. Kadang kala kita juga menemukan video Youtube yang berbahasa asing namun tidak memiliki subtitle Indonesia, sehingga akan sulit memahami informasi yang disampaikan bila tidak menguasai bahasa Inggris.

Teknologi di zaman sekarang ini memang semakin canggih, sehingga kita bisa menerjemahkan bahasa dengan aplikasi penerjemah otomatis, misalnya aplikasi seperti Google Translate. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa aplikasi penerjemah tidak selalu menerjemahkan dengan akurat. Setiap kata dalam bahasa Inggris dapat memiliki makna berbeda tergantung pada konteks kalimat. Contohnya pada kalimat sederhana seperti “I don’t know” dan “Don’t turn left”, kata don’t pada kalimat pertama berarti tidak, sedangkan kata don’t pada kalimat kedua artinya jangan atau dilarang. Oleh karena itu, setidaknya kemampuan dasar untuk memahami bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang penting di masa kini hingga masa depan nanti. Lalu, seberapa pentingkah bahasa Inggris? Penggunaan bahasa Inggris penting dalam berbagai bidang, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan

Apakah anda bercita-cita untuk menempuh pendidikan di luar negeri? Dalam bidang pendidikan, bahasa Inggris termasuk penting karena seringkali diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar beasiswa luar negeri, terutama institusi pendidikan di negara-negara Barat. Biasanya juga terdapat nilai minimum yang harus dicapai dalam tes bahasa Inggris untuk memenuhi syarat pendaftaran beasiswa luar negeri. Tidak hanya kemampuan menulis dan membaca, tetapi juga kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun tes bahasa Inggris yang dibutuhkan umumnya adalah IELTS, TOEIC, atau TOEFL. Bahasa Inggris penting karena untuk menempuh pendidikan di luar negeri, seringkali bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa penghubung untuk siswa dari negara asing saat proses pembelajaran.

2. Bisnis

Era modern saat ini membuat kita dapat membeli barang apa saja dan dari mana saja melalui aplikasi belanja online. Tak jarang toko yang kita temukan berdomisili di luar negeri, sehingga penjualnya pun berkomunikasi menggunakan bahasa asing ketika menuliskan deskripsi produk maupun ketika chatting. Apabila salah-salah mengartikan bahasa Inggris, baik dari pihak pembeli dan penjual, dapat berisiko menimbulkan miskomunikasi atau kesalahpahaman. Sehingga akibat terburuknya adalah pembeli dirugikan karena memperoleh barang yang tidak sesuai ekspektasi. Dari sisi penjual juga dirugikan karena mendapat penilaian buruk dari pembelinya. Padahal, hal tersebut merupakan akibat dari miskomunikasi antar pembeli dan penjual tentang produk yang dijual. Penguasaan bahasa Inggris dapat berguna untuk meminimalisasi terjadinya miskomunikasi saat melakukan jual-beli dengan konsumen luar negeri.

3. Entertainment

Dewasa ini, bertambah banyak musisi-musisi lokal maupun asing yang berlomba-lomba menciptakan lagu berbahasa Inggris. Tujuannya tentu untuk memperluas pasar, supaya diharapkan pendengar tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Ditambah lagi, tidak semua orang memahami bahasa setiap negara, oleh karena itu bahasa Inggris-lah yang digunakan untuk menjangkau pendengar dari berbagai negara. Sebagai contoh, suatu girl group Korea bernama ITZY, membuat versi bahasa Inggris dari lagu-lagu mereka yang aslinya berbahasa Korea. Bahkan, girl group bernama TWICE merilis lagu berbahasa Inggris bertajuk The Feels, dan lagu itu telah didengarkan sebanyak lebih dari dua ratus juta kali di Spotify dan Youtube. Selain itu, penyanyi terkenal Indonesia seperti Afgan dan Pamungkas juga memiliki lagu-lagu berbahasa Inggris. Kemudian JKT48, idol group asal Indonesia, baru saja merilis single original kedua berbahasa Inggris yang berjudul Flying High pada pertengahan Juni lalu. Bahasa Inggris dapat menjadi suatu aspek penting sebagai upaya untuk menjangkau pasar lebih luas hingga ke luar negeri.

4. Pekerjaan

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi penghubung komunikasi antarbahasa. Banyak perusahaan di era sekarang ini yang mempersyaratkan bahasa Inggris sebagai nilai utama maupun nilai tambahan dalam menerima karyawan. Saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan, biasanya pelamar pekerjaan akan ditanyakan hal sederhana saat wawancara, seperti memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dan menjelaskan tentang perusahaan itu dalam bahasa Inggris, sampai pertanyaan-pertanyaan umum lainnya. Namun apabila perusahaan itu adalah perusahaan milik internasional, tentunya bahasa Inggris sangat penting karena akan berguna dan selalu dilibatkan dalam pekerjaan setiap harinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai pentingnya bahasa Inggris di masa depan. Saat ini pun bahasa Inggris sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di masa depan tentunya akan semakin banyak lagi hal-hal yang memerlukan kemampuan bahasa Inggris. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Mulai dari berlatih hal-hal kecil terlebih dahulu seperti memperluas kosakata, sampai nantinya mempelajari hal yang lebih besar seperti tata bahasanya. Belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan kegiatan menyenangkan seperti menonton film, mendengarkan musik, dan apapun yang berbahasa Inggris. Perlahan-lahan kemampuan bahasa Inggris akan meningkat jika kita terus berlatih, lalu kemampuan bahasa Inggris itu dapat berguna di masa sekarang maupun pada masa yang akan datang.

Oleh: Karina Rizky

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Airlangga Surabaya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mengenal Iman dalam Trilogi Ajaran Islam

Image

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Lebih Peduli Terhadap Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Image

Forum Pencak Silat Desa Sidoharjo Klaten, Bantu Korban Gempa Cianjur Gerobak Dorong

Image

Strategi Perbankan Syariah dalam Menghadapi Resesi 2023

Image

Prihatin Nasib Korban Gempa Cianjur, Mapala Kompas Pagar Alam Kirim Bantuan

Image

Aliansi Mahasiswa UMSB Kirim Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image