Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abu Ubaidillah

Pahami Ini! Cara Merawat DVR CCTV Supaya Tidak Mudah Rusak

Teknologi | Saturday, 30 Oct 2021, 12:03 WIB
ubaiblog" />
sumber: ubaiblog

DVR (Digital Video Recorder) CCTV merupakan salah satu komponen dari CCTV yang amat penting. Pasalnya komponen tersebut memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh hasil rekaman yang telah diambil oleh kamera pengawas.

Jika pada DVR CCTV mengalami kerusakan karena kurang dirawat dengan baik, tentu saja akan menghambat kinerja CCTV. CCTV tidak akan bekerja normal kembali, dan rekaman yang harusnya tersimpan tidak akan bisa diputar ulang.

Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi pemilik CCTV, tentu saja harus merawat dengan baik setiap komponen yang ada. Lantas, bagaimana cara merawat DVR supaya awet dan tetap bekerja dengan baik? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Update Firmware

Salah satu cara terbaik merawat DVR adalah selalu update firmware terbaru, filenya bisa diperoleh dari website vendor CCTV masing-masing. Firmware terbaru akan membantu kinerja DVR sehingga tidak akan ada error ke depannnya.

2. Cek Bagian Dalam DVR

Periksa juga bagian dalam DVR secara rutin, sekali atau dua kali dalam setahun sudah cukup. Jangan lupa bersihkan mainboard dari debu dan kotoran, Anda bisa menggunakan kompresor udara supaya proses pembersihannya berjalan dengan aman dan tidak merusak komponen.

3. Pasang Perangkat Tambahan DVR

Supaya mencegah terjadinya kehilangan daya listrik tiba-tiba akibat listrik padam, Anda bisa memasang Uninterruptible Power Supply (UPS). Alat tersebut bekerja untuk memungkinkan DVR tetap menyala meski listrik mati, kemudian dimatikan secara manual dan aman tanpa terganggu arus listrik yang putus.

4. Tempatkan DVR dengan Benar

Sebaiknya, tempatkan juga sebuah DVR CCTV Anda dengan benar, pada ruangan yang memiliki ventilasi baik, dan bagusnya ditempatkan pada ruangan ber-AC. Bila ditempatkan di luar ruangan, rajin-rajinlah membersihkan perangkatnya supaya tetap bekerja normal.

5. Optimalkan Konfigurasi CCTV

Periksa ulang secara berkala konfigurasi CCTV Anda. Termasuk konfigurasi video, resolusi gambar, kualitas gambar, dan kerapatan gambar, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing supaya bisa memaksimalkan hasil rekaman.

6. Cek Jangka Waktu Hasil CCTV

Periksa juga waktu rekaman yang disimpan apabila fitur overwrite aktif. Tujuannya adalah untuk menghindari data hilang dari rekaman jika pada jangka waktu tersebut terjadi sesuatu, jangan lupa cadangkan datanya bila haisl rekaman dianggap penting.

7. Cek Pengaturan Keamanan DVR

Pastikan juga alamat IP DVR CCTV tidak diketahui oleh orang lain secara umum apabila DVR disambungkan dengan internet, jika perlu Anda bisa digunakan password pada DVR. Lebih penting lagi, pastikan hanya sedikit orang yang bertanggung jawab penuh pada pengoperasian DVR Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image