Apa Sih Manfaat Iklan Layanan Masyarakat? Berikut Penjelasannya!

Image
Abu Ubaidillah
Eduaksi | Saturday, 30 Oct 2021, 11:06 WIB

Di masa sekarang, informasi mengenai berbagai hal sangat mudah diperoleh. Bentuk penyampaiannya pun beragam, mulai dari iklan poster, berita, banner, hingga iklan digital banyak beredar di internet.

Berbicara mengenai iklan, masing-masing memiliki fungsi dan tujuan penyampaian informasi berbeda kepada masyarakat. Salah satunya adalah iklan layanan masyarakat, biasanya iklan ini dikelola oleh pemerintah ataupun lembaga sosial.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

yukampus" />
Sumber: yukampus

Bicara mengenai iklan layanan masyarakat, iklan tersebut merupakan jenis iklan yang bersifat nonkomersial. Artinya, iklan layanan masyarakat tidak mencari keuntungan dari pemasangannya karena biaya yang perlu dikeluarkan bersifat gratis kepada masyarakat.

Iklan layanan masyarakat juga bisa diartikan sebagai iklan untuk menyampaikan informasi dari pemerintah atau lembaga sosial tertentu. Mereka bekerja sama dengan swadaya masyarakat agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi secara umum.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa iklan layanan masyarakat menjadi salah stu jenis iklan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah untuk menyampaikan informasi yang bisa mengatasi masalah masyarakat pada umumnya. Tidak ada unsur komersial sedikitpun pada iklan ini yang harus dikeluarkan masyarakat.

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Adanya iklan layanan masyarakat ditujukan kepada masyarakat umum, sehingga fungsi atau tujuannya pun beragam. Berikut macam-macam fungsi dari iklan layanan masyarakat.

1. Informasi

Iklan layanan masyarakat berfungi sebagai media untuk menyampaikan informasi yang bisa mengatasi masalah pada masyarakat selama ini. Adanya iklan tersebut membuat pihak pemerintah bisa menjadikannya sebagai media penyampaian program dan aktivitas yang dilakukan pemerintah.

Dengan begitu, program dan aktivitas yagn dilaksanakan pemerintah bersifat transparan. Tapi, iklan ini tidak bisa digunakan untuk media berkampanye politik.

2. Pengingat

Jenis iklan ini digunakan untuk menyampaikan program yang sedang dikalkuan pemerintah. Selain itu media iklan ini dapat jadi pengingat masyarakat mengenai program yang sedang dijalankan pemerintah.

Sehingga, iklan ini dapat menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat mengenai berbagai macam program yang sedang atau akan dijalankan.

3. Pembujuk

Selain memiliki sifat mengingatkan, iklan layanan masyarakat pun berfungsi sebagai perantara untuk membujuk orang-orang supaya lebih aktif dan mengikuti program pemerintah. Contohnya program vaksinasi, BPJS, KTP elektronik, dan masih banyak lagi.

4. Nilai Tambah

Ada lagi fungsi nilai tambah atau adding value, karena iklan ini berfungsi memberikan nilai tambah pada suatu program yang dilaksanakan sesuai persepsi dan gagasan masyarakat. Dengan demikian adanya iklan ini membuat pemerintah bisa melakukan penilaian terhadap respons yang diberikan masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang yang senang berbagi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Image

Upayakan Kemaslahatan Umat, Illiza Sa'aduddin Djamal Justru Berujung Digugat

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, WBP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Aktif Ikuti Pembinaan Pramuka

Image

Dua Pegawai Teladan Bulan Juni Kanim Muara Enim

Image

Kalapas Banyuasin Hadiri Tasyakuran HUT Bhayangkara ke - 76, Wujud Sinergi yang baik

Image

Kuy, Kenali Profil Risiko dalam Investasi dengan Benar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image