Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abu Ubaidillah

Apa Sih Manfaat Iklan Layanan Masyarakat? Berikut Penjelasannya!

Eduaksi | Saturday, 30 Oct 2021, 11:06 WIB

Di masa sekarang, informasi mengenai berbagai hal sangat mudah diperoleh. Bentuk penyampaiannya pun beragam, mulai dari iklan poster, berita, banner, hingga iklan digital banyak beredar di internet.

Berbicara mengenai iklan, masing-masing memiliki fungsi dan tujuan penyampaian informasi berbeda kepada masyarakat. Salah satunya adalah iklan layanan masyarakat, biasanya iklan ini dikelola oleh pemerintah ataupun lembaga sosial.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

yukampus" />
Sumber: yukampus

Bicara mengenai iklan layanan masyarakat, iklan tersebut merupakan jenis iklan yang bersifat nonkomersial. Artinya, iklan layanan masyarakat tidak mencari keuntungan dari pemasangannya karena biaya yang perlu dikeluarkan bersifat gratis kepada masyarakat.

Iklan layanan masyarakat juga bisa diartikan sebagai iklan untuk menyampaikan informasi dari pemerintah atau lembaga sosial tertentu. Mereka bekerja sama dengan swadaya masyarakat agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi secara umum.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa iklan layanan masyarakat menjadi salah stu jenis iklan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah untuk menyampaikan informasi yang bisa mengatasi masalah masyarakat pada umumnya. Tidak ada unsur komersial sedikitpun pada iklan ini yang harus dikeluarkan masyarakat.

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Adanya iklan layanan masyarakat ditujukan kepada masyarakat umum, sehingga fungsi atau tujuannya pun beragam. Berikut macam-macam fungsi dari iklan layanan masyarakat.

1. Informasi

Iklan layanan masyarakat berfungi sebagai media untuk menyampaikan informasi yang bisa mengatasi masalah pada masyarakat selama ini. Adanya iklan tersebut membuat pihak pemerintah bisa menjadikannya sebagai media penyampaian program dan aktivitas yang dilakukan pemerintah.

Dengan begitu, program dan aktivitas yagn dilaksanakan pemerintah bersifat transparan. Tapi, iklan ini tidak bisa digunakan untuk media berkampanye politik.

2. Pengingat

Jenis iklan ini digunakan untuk menyampaikan program yang sedang dikalkuan pemerintah. Selain itu media iklan ini dapat jadi pengingat masyarakat mengenai program yang sedang dijalankan pemerintah.

Sehingga, iklan ini dapat menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat mengenai berbagai macam program yang sedang atau akan dijalankan.

3. Pembujuk

Selain memiliki sifat mengingatkan, iklan layanan masyarakat pun berfungsi sebagai perantara untuk membujuk orang-orang supaya lebih aktif dan mengikuti program pemerintah. Contohnya program vaksinasi, BPJS, KTP elektronik, dan masih banyak lagi.

4. Nilai Tambah

Ada lagi fungsi nilai tambah atau adding value, karena iklan ini berfungsi memberikan nilai tambah pada suatu program yang dilaksanakan sesuai persepsi dan gagasan masyarakat. Dengan demikian adanya iklan ini membuat pemerintah bisa melakukan penilaian terhadap respons yang diberikan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image