Strategi Menguasai Keterampilan Berbahasa Arab

Image
arantza nazwa sabila
Sastra | Sunday, 26 Jun 2022, 11:19 WIB
 https://smallloanswithnocreditcheck.tumblr.com/post/106991440845/short-term-loans-to-get-your-car-serviced" />
gambar : https://smallloanswithnocreditcheck.tumblr.com/post/106991440845/short-term-loans-to-get-your-car-serviced

Dalam setiap bidang kita harus punya keterampilan atau skill agar apa yang kita geluti menjadikan hasil yang bermanfaat tanpa keterampilan apa yang kita geluti tak akan pernah berbuah dengan yang begitu baik. bagaimana kita mempunyai skill itu?. Tenang jangan pesimis dulu kawan, skill sebenarnya bisa kita ciptakan, skil memang kadang berasal dari faktor gen/keturunan tetapi hal itu tidak menjamin ia akan memiliki kemampuan yang sama dengan orangtuanya.

Percayalah bahwa setiap diri kita mempunyai skill masing-masing hanya saja banyak orang yang tidak menyadari skill mereka lalu mereka membiarkannya sehingga skill yang mereka punya tidak muncul bahkan hilang. Ada juga orang yang memang tak memiliki kemampuan apa-apa dalam bidang tertentu maupun faktor gen/keturunan dalam suatu bidang namun, ia tertarik dan terus menggali serta mencari tahu akan segala hal yang berkaitan dengan bidang tersebut. Sehingga dia menguasai bidang itu bahkan sangat terampil, yang perlu kita ingat adalah keterampilan/skill itu dapat kita ciptakan. Begitupun dalam berbahasa terlebih lagi dalam berbahasa arab, ada empat keterampilan yang harus kita kuasai.

Contohnya saat ini kita mempunyai kemampuan berbahasa indonesia tetapi kita belum tentu memilki keterampilan dalam berbahasa indonesia. Karena, keterampilan hanya ada pada diri diri orang yang serius ingin membangunnya dalam diri mereka masing masing, sama hal nya ketika seorang pelajar Indonesia memiliki keinginan untuk belajar bahasa arab, padahal dia belum memiliki kemampuan dalam berbahasa arab namun karena keinginannya yang kuat akhirnya dia memulai dari nol sampai akhirnya dia terampil dalam berbahasa arab bahkan bisa mengalahkan orang-orang arab di sana.

untuk kesempatan kali ini saya akan menulis tentang bagaimana strategi untuk menguasai keterampilan berbahasa arab. agar kita terampil dalam berbahasa arab kita perlu memperhatikan beberapa keterampilan sebagai penunjang kesuksesan kita dalam berbahasa arab. seperti yang telah saya sebutkan ada 4 keterampilan yang harus kita perhatikan :

1.Maharatul Istima’ (keterampilan mendengar)

Maharatul Istima’ adalah hal yang pertama dibanding keterampilan lainnya, mengapa? karena seseorang dapat belajar dari apa yang dia dengar. Kemampuan istima’ itu cukup beragam dan bertingkat-tingkat. Yang paling sederhana, istima’ dimaksudkan untuk memperdengarkan bunyi bahasa Arab untuk ditirukan dan dihafalkannya. Dalam pengembangan strategi ini lebih menitik beratkan pada aspek pemahaman dan pengungkapan kembali terhadap apa yang sudah didengarnya baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

2.Maharatul kalam ( keterampilan berbicara)

Setelah kita berkali-kali mendengarkan hal-hal yang berbahasa arab maka tidak cukup bagi kita hanya sampai mengerti dengan apa yang kita dengarkan. Kita perlu belajar berbicara dengan menggunakan bahasa arab. Dari hasil pendengaran, kita bisa mengulang apa yang kita dengarkan untuk berbicara bahasa arab. Dengan mengulanginya sampai fasih. Sehingga kita akan terbiasa berbicara menggunakan bahasa arab, selain itu kita perlu memperhatikan intonasi bicara juga dalam bahasa arab. Karena, intonasi bicara biasanya mempengaruhi makan ucapan.

3.Maharatul qiraah ( keterampilan membaca)

Dalam keterampilan membaca kita wajib mengetahui dan hafal huruf-huruf hijaiyah, setelah itu kita perlu mengetahui penandaan dalam bahasa arab. Setelah kita menguasai hal-hal tadi, wajib bagi kita mempelajari ilmu nahwu dan sharaf sebagai penunjang dalam membaca tulisan arab. Ketika hal-hal dasar tersebut telah kita pahami dan kuasai maka kita dapat membaca tulisan arab walaupun tanpa harakat. Dengan keterampilan membaca ini maka kita pun dapat membaca banyak buku dalam berbahasa arab sebagai sumber bacaan kita.

4.Maharatul kitabah (keterampilan menulis)

Menurut Amin Santoso keterampilan menulis diperlukan bertujuan untuk menyalin bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca, bercerita secara tertulis pesan yang terdapat dalam teks dan mengungkapkan gagasan secara tertulis.

Setelah keempat keterampilan tersebut kita kuasai maka kita akan mudah untuk menguasai bahasa arab. Jangan lupa selain dari keempat keterampilan diatas ada hal yang paling penting juga dalam menguasai keterampilan bahasa arab yaitu menambah kosa kata bahasa arab dan terlebih lagi kita harus mencintainya juga konsisten terus belajar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image