Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aisyah Nurafifah

Prodi Sastra Indonesia menggelar Pelatihan Jurnalistik Kampus Secara Gratis

Info Terkini | Saturday, 25 Jun 2022, 22:57 WIB

Menjadi seorang mahasiswa, rasanya tidak lengkap jika tidak menjadi seorang aktivis. Seorang aktivis akan terbiasa bekerjasama dengan orang lain, memiliki jiwa kepemimpinan dan bekerja dengan manajemen yang baik.Terdapat banyak organisasi atau kegiatan yang bisa dijadikan sebagai wadah pengembangan potensi minat dan bakat yang di miliki. Di antara sekian kegiatan yang ada di kampus, salah satu organisasi yang patut kamu coba yaitu Pelatihan Jurnalis Kampus (PJK). Utamanya bagi mahasiswa yang hobi menulis, organisasi ini sangatlah tepat untuk di geluti.Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang (Sasindo Unpam) akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul "Jurnalis Kampus Mahasiswa Sastra Indonesia Angkatan Pertama" yang akan digelar di Universitas Pamulang gedung Viktor lantai 5 Jl. Puspitek Raya No 10. Serpong, Tangerang Selatan – Banten, pada bulan Juni 2022. Kegiatan ini menjadi langkah kongkrit mahasiswa Sastra indonesia (Sasindo Unpam) dengan tujuan memperkenalkan jurnalistik dan mengajarkan teknik dasar dalam menulis artikel maupun berita memahami kaidah jurnalistik sehingga dapat langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa.

Deni Darmawan, dosen dan penulis buku terus berupaya untuk menginisiasi agar pelatihan ini bisa terlaksanakan. Lahirnya kegiatan jurnalis kampus berawal dari keprihatinannya terhadap mahasiswa yang minim praktik tapi hanya dijejali teori. Kegiatan ini akan menjadi hal yang bermanfaat bagi kampus,mahasiswa dan bekal ketika lulus nanti.Materi yang disampaikan oleh para pemateri, merupakan gambaran dasar mengenai jurnalistik. Di dalam acara tersebut para pemateri mengenalkan para peserta tentang jurnalistik benar-benar dari dasarnya. Dari cara berkomunikasi, teknik menulis, sampai akhirnya menjadi sebuah berita yang layak dibaca khalayak umum.Menulis adalah kegiatan utama persma, jadi kamu dituntut untuk rajin membaca. Modal untuk memiliki tulisan yang bagus yakni dengan rajin membaca. Ketika menulis, kita dituntut untuk mencari referensi sebanyak mungkin, mulai dari buku, majalah, koran, website, novel dan sebagainya. Dengan sering membaca akan membuatmu kaya akan inovasi, inspirasi dan menambah wawasan anda.Jurnalis merupakan salah satu profesi yang mulia, sama seperti dokter, perawat, dan guru. Beraktivitas sebagai jurnalis kampus membuatmu secara langsung menjalankan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Mengabdi untuk teman-teman di kampus dan memberitakan informasi yang berguna bagi kepentingan publik.Menjadi seorang jurnalis tak hanya memerlukan skill dan pengetahuan saja, lho. Jurnalis dituntut untuk selalu peka terhadap lingkungan. Peka di sini maksudnya peduli dan ingin tahu tentang segala hal yang terjadi di kampus. Dengan rasa ingin tahu ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi yang bisa kamu liput agar diketahui belahan dunia. Selain peka, kamu juga akan dilatih menjadi mahasiswa yang berani karena hampir setiap hari jurnalis kampus bertemu orang-orang baru dan berbeda.Manfaat mahasiswa mengikuti kegiatan Jurnalis Kampus salah satu hal paling membanggakan yang kamu dapatkan jika menjadi jurnalis kampus. Ketika mahasiswa lain sibuk dengan tugas dan bersenang-senang menghabiskan uang pemberian orang tua, jurnalis kampus bisa dua langkah lebih maju dari yang lainnya. Kamu bisa dapat uang dan hadiah dengan gampang karena sering mengikuti lomba-lomba jurnalistik seperti lomba menulis, fotografi, video, dan yang lainnya. Kamu juga bisa kerja part time sebagai penulis lepas ataupun kontributor di beberapa media.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image