Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image El Fatih Setiawan

Cara Membuat Laporan Keuangan Praktis dengan Software Akuntansi

Bisnis | Saturday, 25 Jun 2022, 15:24 WIB

Membuat laporan keuangan adalah salah satu hal penting dalam suatu perusahaan. Adanya laporan tersebut membuat perusahaan tahu bagaimana kondisi keuangan perusahan selama beberapa waktu terakhir.

Membuat laporan keuangan sendiri kini tidak harus dilakukan secara manual. Sebab, sekarang sudah tersedia berbagai software akuntansi yang membantu Anda lebih mudah dalam membuat laporan keuangan.

Mengapa Harus Memakai Software Akuntansi?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memakai software akuntansi sebagai alat pembuat laporan keuangan. Beberapa alasan itu adalah:

1. Laporan Keuangan Akan Tersusun dengan Lebih Mudah

Mengerjakan laporan keuangan secara manual terbilang sulit dan memakan waktu. Jika laporan yang dibuat salah, maka Anda harus memperbaiki kesalahan tersebut, dimana untuk melakukannya harus memakan waktu agak lama.. Untuk itulah Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi.

Lewat perangkat lunak itu, Anda bisa menyusun laporan keuangan dengan lebih mudah dan dalam waktu relatif singkat. Kesalahan perhitungan pun bisa diperbaiki dalam waktu singkat tanpa harus membuat lagi laporan dari awal.

2. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan

Salah satu hal yang cukup tricky dalam membuat laporan keuangan adalah pada perhitungan laba, neraca, untung, dan rugi. Salah sedikit saja bisa membuat laporan keuangan yang Anda buat harus dibuat ulang, serta berakibat buruk bagi kas perusahaan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda bisa beralih menggunakan software akuntansi. Pada perangkat lunak ini, terdapat berbagai fitur yang membuat setiap perhitungan jadi lebih akurat.

3. Hasil Laporan Keuangan Lebih Mudah Diakses

Pada perangkat lunak akuntansi, hasil laporan yang telah dibuat akan terintegrasi secara online. Hal itu membuat laporannya bisa diakses dengan mudah oleh siapa pun. Anda hanya perlu menyimpan laporannya di tempat khuperangkat itu, sudah dilengkapi berbagai fitur yang membuat tiap perhitungan yang Anda buat mudah dilakukan dan tentu saja akurat.sus yang bisa diakses secara online oleh orang-orang yang memerlukan laporan keuangan tersebut.

Rekomendasi Software Akuntansi yang Bisa Digunakan

Sebelum ditutup, kami akan berikan salah satu rekomendasi software akuntansi yang bisa digunakan, yaitu RAMA Akunting. Software yang sudah ada sejak 2012 ini banyak digunakan oleh pebisnis menengah ke bawah yang ingin membuat laporan keuangan.

Banyak fitur yang ditawarkan perangkat lunak ini, misalnya Custom Made, Database Client Server, dan Fitur PPN dan PPH. Ada dua jenis software yang ditawarkan RAMA Akunting, yaitu RAMA Standard Edition dan RAMA Trucking Edition. Keduanya sama-sama memberikan manfaat bagi para penggunanya, mulai dari menganalisa data keuangan sampai menghitung gaji karyawan.

Kesimpuan

Membuat laporan keuangan kini bisa dilakukan lewat perangkat lunak khusus akuntansi. Dibanding cara manual, memakai perangkat tersebut jauh lebih praktis dan mudah. Manfaatnya pun beragam, dimana beberapa diantaranya sudah kami sebutkan disini. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan membuat laporan keuangan untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image