Bulan Bahasa, Mari Membangun Budaya Literasi!

Image
Maulida Fairuz Amalia
Sastra | Thursday, 28 Oct 2021, 17:04 WIB
 Nathan Aguirre on Unsplash" />
Ilustrasi orang sedang membaca buku. Photo by Nathan Aguirre on Unsplash

Bulan Oktober biasa diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra, yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Dikutip dari Kemendikbudristek pada tahun 2021 ini mengusung tema ‘Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh’.

Dalam memaknai diselenggarakannya Bulan Bahasa dan Sastra banyak hal yang dapat kita lakukan, salah satunya yaitu membangun budaya literasi membaca. Mengapa demikian?

Skor membaca Indonesia berada di posisi 72 dari 77 negara pada tahun 2019, berdasarkan laporan PISA (Programme Internasional for Student Assessment).

Indonesia berada pada Level 41 dari 45 peserta PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study), dengan skor 405.

Melihat dari laporan di atas, dapat dikatakan bahwa sampai saat ini budaya literasi di Indonesia masih sangat rendah. Karena itu perlu adanya kesadaran dari diri sendiri, baik dari lembaga, instansi, pemerintah hingga media yang memiliki peran untuk membangun budaya literasi membaca. Begitu juga pentingnya peran orangtua dalam membantu anaknya untuk gemar literasi membaca.

Pesatnya perkembangan zaman disertai dengan majunya teknologi, dapat memudahkan gerakan literasi membaca. Tidak harus menggunakan buku berbentuk fisik, karena saat ini sudah banyak buku berbentuk e-book, itu bisa menjadi pilihan.

Tidak perlu menunggu adanya semacam komunitas literasi tempat tinggal anda, untuk mulai gemar budaya literasi. Kita dapat memulainya dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga.

Peran orang tua dalam hal ini penting sekali. Hal sederhana dapat dilakukan seperti mengajak anak-anak untuk mulai gemar membaca buku. Diawali dengan memberikan contoh misalnya, anda sering membaca buku di sore hari sambil menikmati kopi atau teh. Disertai dengan memberi pemahaman kepada anak bahwa membaca itu memiliki banyak manfaat. ‘

Memulai kebiasaan baru memang tidak mudah untuk menerapkannya, terutama pada anak. Namun anda dapat mengawali memberikan buku bacaan tentang hal yang disukainya. Jika anak suka dengan alam atau lingkungan, dapat diberikan buku berisi informasi tentang tumbuh-tumbuhan misalnya.

Mengajak keluarga untuk mengunjungi toko buku juga merupakan pilihan menarik untuk dilakukan. Berikan kebebasan pada anak untuk membeli buku yang disukainya. Selain itu, mengunjungi perpustakaan yang ada di sekitar tempat tinggal juga menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan.

Ketika selesai membaca buku, anda dapat meminta anak anda untuk menceritakan kembali apa isi buku tersebut. Hal ini dapat melatih kemampuan anak dalam memahami apa yang telah dia baca.

Perlu proses untuk membangun kebiasaan baru, maka dari itu perlu kesabaran. Perlahan tapi pasti. Mari budayakan literasi membaca, mulai dari kesadaran diri sendiri dengan mengajak keluarga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri OPini Peran strategis staf ahli Menteri

Image

Wujudkan Pelayanan Prima, Rutan Pasangkayu Sudah Memilki Petugas Dokter Poliklinik

Image

Bukti Komitmen, Uhamka Miliki Profesor Pertama dalam Bidang Pendidikan Ekonomi

Image

Perkenalankku Bersama Republika

Image

MP3 Juice, Situs Download Lagu Terlengkap Gratis 2022

Image

Simak! 5 Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan di Rumah Dari Internet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image