Apakah Kondisi Kesehatan di Masa Muda Mempengaruhi di Masa Tua Nanti ?

Image
Muhammad Fadhli
Eduaksi | Thursday, 28 Oct 2021, 14:48 WIB

Fase remaja atau yang disebut dengan masa muda merupakan masa awal investasi untuk meraih kesejahteraan di masa tua nanti baik aspek Kesehatan maupun pada aspek ekonomi. Di masa muda ini banyak sekali dalam memainkan peran penting dikarenakan kondisi Kesehatan yang masih tetap prima dan bugar sehingga berpengaruh dalam menentukan arah suatu bangsa. Seperti halnya di Indonesia, setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati Hari Lahir Sumpah Pemuda yang dimana semangat pemuda diperlukan untuk membangun dan menentukan arah nasib suatu bangsa. Seperti halnya pun petuah yang pernah dilontarkan oleh Bung Karno yang dimana “ Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Melihat dari konteks yang dijelaskan bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan karena banyak lahirnya inovasi, strategi serta semangat yang kuat untuk selalu menjalakan visi misi yang selaras dengan arah tujuan bangsa. Namun dengan begitu tantangan yang cukup kuat, di masa muda harus juga diiringi dengan kondisi Kesehatan yang prima sehingga supaya bisa tetap menjalankan apa yang menjadi cita-cita suatu bangsa. Jika di masa muda sering mengalami masalah Kesehatan kemungkinan besar terjadi akan terus berlanjut di masa tuan anti yang akan mendapatkan resiko yang besar. Ironisnya di fenomena akhir ini, banyak sekali di usia muda masih belum terlalu memikirkan mengenai kondisi Kesehatan, terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Menurut Senior Director, Worldwife Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, bahwa modal menghadapi masa penuaan adalah melatih kebiasaan dalam pola makanan sehat dan rajin berolahraga secara teratur.

Makan merupakan kebiasaan yang bisa kita latih dan rutin setiap hari. Di antaranya melatih menentukan porsi dan memiliki jenis makanan padat nutrisi, ujarnya. Namun jika memulai pola makan yang seimbang namun pada kondisi sedang mengalami masalah Kesehatan hasilnya akan gagal untuk diseimbangkan pada tubuh.

Selain dari pola makan, Adapun yang harus diseimbangkan adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk mempertahankan kebugaran fisik saat usia bertambah dan berdampak dalam menjaga Kesehatan tulang. Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30 tahun.

Beberapa hal yang biasa dilakukan adalah mengonsumsi cukup kalsium dari makanan dan secara teratur berlatih beban karena dibutuhkan untuk membangun massa tulang dan melatih beban pun berfungsi untuk mencegah obesitas yang terjadi pada tubuh.

Masa muda merupakan investasi untuk melahirkan generasi di masa tua untuk tetap selalu produktif dan tetap sehat. Kunci Kesehatan di masa muda adalah Pola Makan dan Aktivitas fisik secara teratur serta menghindari hal-hal yang berlebihan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tim Futsal Nusakambangan Cilacap Beri Permainan Terbaik Semarakkan HDKD ke-77

Image

Mengenali Allah SWT Lebih Dekat

Image

Mensosialisasikan Pola Tidur yang baik dan budaya mencuci tangan ke sekolah Al-latif

Image

Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah

Image

ASAH KEMAMPUAN PERSONIL, LAPAS NARKOTIKA NUSAKAMBANGAN LATIHAN BERSAMA KOPASSUS

Image

Download Dengan Cepat Musik Mp3 Tanpa Ribet Dan Lebih Praktis Di Mp3 Juice CC Biru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image