Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fadhli

Apakah Kondisi Kesehatan di Masa Muda Mempengaruhi di Masa Tua Nanti ?

Eduaksi | Thursday, 28 Oct 2021, 14:48 WIB

Fase remaja atau yang disebut dengan masa muda merupakan masa awal investasi untuk meraih kesejahteraan di masa tua nanti baik aspek Kesehatan maupun pada aspek ekonomi. Di masa muda ini banyak sekali dalam memainkan peran penting dikarenakan kondisi Kesehatan yang masih tetap prima dan bugar sehingga berpengaruh dalam menentukan arah suatu bangsa. Seperti halnya di Indonesia, setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati Hari Lahir Sumpah Pemuda yang dimana semangat pemuda diperlukan untuk membangun dan menentukan arah nasib suatu bangsa. Seperti halnya pun petuah yang pernah dilontarkan oleh Bung Karno yang dimana “ Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Melihat dari konteks yang dijelaskan bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan karena banyak lahirnya inovasi, strategi serta semangat yang kuat untuk selalu menjalakan visi misi yang selaras dengan arah tujuan bangsa. Namun dengan begitu tantangan yang cukup kuat, di masa muda harus juga diiringi dengan kondisi Kesehatan yang prima sehingga supaya bisa tetap menjalankan apa yang menjadi cita-cita suatu bangsa. Jika di masa muda sering mengalami masalah Kesehatan kemungkinan besar terjadi akan terus berlanjut di masa tuan anti yang akan mendapatkan resiko yang besar. Ironisnya di fenomena akhir ini, banyak sekali di usia muda masih belum terlalu memikirkan mengenai kondisi Kesehatan, terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Menurut Senior Director, Worldwife Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, bahwa modal menghadapi masa penuaan adalah melatih kebiasaan dalam pola makanan sehat dan rajin berolahraga secara teratur.

Makan merupakan kebiasaan yang bisa kita latih dan rutin setiap hari. Di antaranya melatih menentukan porsi dan memiliki jenis makanan padat nutrisi, ujarnya. Namun jika memulai pola makan yang seimbang namun pada kondisi sedang mengalami masalah Kesehatan hasilnya akan gagal untuk diseimbangkan pada tubuh.

Selain dari pola makan, Adapun yang harus diseimbangkan adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk mempertahankan kebugaran fisik saat usia bertambah dan berdampak dalam menjaga Kesehatan tulang. Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja karena kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium di tulang optimal pada sekitar usia 30 tahun.

Beberapa hal yang biasa dilakukan adalah mengonsumsi cukup kalsium dari makanan dan secara teratur berlatih beban karena dibutuhkan untuk membangun massa tulang dan melatih beban pun berfungsi untuk mencegah obesitas yang terjadi pada tubuh.

Masa muda merupakan investasi untuk melahirkan generasi di masa tua untuk tetap selalu produktif dan tetap sehat. Kunci Kesehatan di masa muda adalah Pola Makan dan Aktivitas fisik secara teratur serta menghindari hal-hal yang berlebihan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image