Sumpah Pemuda dan Semangat Berbahasa Indonesia

Image
Fokker
Eduaksi | Thursday, 28 Oct 2021, 12:40 WIB
Hendra Ibrahim Majid, S. Pd

Oleh: Hendra Ibrahim Majid, S. Pd. 28 Oktober senantiasa diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sebuah tonggak dari semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang kala itu lahir pada masa penjajahan. Semangat persatuan dan kesatuan tentu dianggap sebagai kunci utama perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tidak lagi mengedepankan semangat kedaerahan, melainkan kebersama yang utuh, tanpa melihat latar belakang yang ada. Baik itu suku, agama, ataupun ras para pejuang-pejuang bangsa. Mengedepankan tujuan bersama, yakni kemerdekaan, serta mengusung semangat yang sama, yakni persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini tentu mendapatkan tantangan yang besar, ditengah realitas modernisasi dan multikulturalisasi. Perkembangan kebudayaan dunia yang saling berakulturasi dengan kebudayaan lainnya tentu saja menjadi problematika sendiri saat ini.

Khususnya dalam hal berbahasa. Ketika bahasa internasional mulai dijadikan sebagai syarat utama dalam menilai kemajuan sebuah bangsa, tentu secara tidak langsung akan mengikis bahasa asli yang menjadi identitas sebuah bangsa.

Bukan berarti mendistorsikan internasionalisasi modern, tetapi kontekstual dalam berbahasa yang menjadi identitas bangsa harus terus dipertahankan. Hal ini belumlah sampai pada problematika terkikisnya budaya dan bahasa daerah Indonesia.

Tentu menjadi sebuah hal yang tidak kita inginkan, apabila generasi muda kelak, akan meninggalkan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah yang ada. Mengedepankan pelestarian sudah harus menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata.

Semua warga negara Indonesia sudah sepatutnya melihat fenomena ini sebagai bentuk tantangan zaman di era globalisasi. Menjaga bersama dengan berbahasa Indonesia yang baik dalam keseharian adalah hal utama kini. Seperti pelestarian bahasa daerah, agar tidak mati atau hilang ditengah perkembangan zaman.

Dengan harapan, agar generasi muda di masa yang akan datang tidak sekalipun meninggalkan identitas bangsanya dan budayanya. Mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan, serta mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia. (28/10)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru Sejarah SMA Malahayati

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image