Kota Mataram - Asal Usul Nama Dan Julukan Pulau Seribu Masjid

Image
Abdul Rosyid
Sejarah | Friday, 24 Jun 2022, 07:56 WIB

Kota Mataram - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Mataram, merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, dengan adat Sasak yang sangat menarik masyarakat Kota Mataram, dengan jumlah Penduduk 441.561 jiwa dengan penduduk 7.203 jiwa data tahun 2021.

Tidak hanya sebagai Ibu Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat tetapi juga merupakan Kerajaan Mataram yang berpusat di Jawa Tengah.

Kota Mataram - Asal Usul Nama Dan Julukan Pulau Seribu Masjid

Nah, yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Mataram sebagai salah satu Ibu Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebelum kita lanjutkan langsung saja kita ketahui asal-usul nama Kota Mataram?

Asal Usul Nama Mataram

Di Lombok, nama Mataram disebutkan dengan beragam cara. Ada yang menyebutnya dengan Mataram, Metaram, Mentaram, atau Mataharam.

Beberapa literatur juga menyebutkan bahwa kata Mataram berasal dari bahasa Sansekerta dari kata mata berarti ibu dan aram yang berarti hiburan. Selain itu, disebutkan juga bahwa Mataram ini berarti persembahan untuk ibu pertiwi.

Versi lain menyebutkan bahwa Mataram berasal dari kata matta berarti gembira atau gairah dan aram berarti hiburan. Dengan demikian, matta-aram atau Mataram berarti pembangunan kerajaan atau kota sebagai lambang pernyataan kegembiraan hiburan sekaligus lambang kegairahan hidup untuk membangun tanah harapan yang menjanjinkan masa depan yang lebih cerah.

Julukan Kota Mataram

Tidak kalah pentingnya bahwa Kota Mataram dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Alasan mengapa disebut sebagai Kota Seribu Masjid adalah karena mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam, sehingga disebut sebagai Kota Seribu Masjid.

Sebutan ini bermula dari kunjungan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Effendi Zarkasih di tahun 1970, saat meresmikan Masjid Jami Cakranegara. Selain itu, berdasarkan data, terdapat 3.767 masjid besar dan 5.184 masjid kecil yang tersebar di sana.

Beberapa masjid terbesar di Kota Mataram adalah: Masjid Raya Nurul Bilad Masjid Darussalam Kopang Masjid Agung Praya Masjid Jami' Al-Mujahidin Selong Masjid Raya Hubbul Wathan.

Sebagaimana data ini diambil dari ; Sali, Darsono Yusin. (2018). Pergulatan HMI di Pulau Seribu Masjid: Sejarah dan Aksi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Kebutuhan Penduduk Kota Mataram

Melihat banyaknya masjid dan juga banyaknya Penduduk Kota Mataram yang terkenal Pulau Seribu Masjid tentunya tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan diantaranya Pengiriman Barang, baik Barang Banggunan, Material, Logistik, Pangan, Sandangan, dan sebagainya, maka jasa Pengiriman sangat dibutuhkan sekali, Eka Express solusinya.

Semoga artikel yang singkat padat ini, bisa menjadikan banyak manfaat terutama bagi penduduk kota Mataram dan sekitarnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Call : 0857-4892-5393 Berkah Sukses Lancar Jaya, Gudangnya Produk Berkualitas, Jasa Pembuatan Website Dan Percetakan Undangan Nikah, Undangan Khitan,

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

R A S A I T U

Image

Gelaran Diklat Pengusahaan Batu Hias dan Batu Mulia di Sulawesi Tenggara

Image

Upaya PPSDM Geominerba Bagi Masyarakat Yogyakarta

Image

Gelaran Diklat Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Angkatan Kedua

Image

PPSDM Geominerba Buka Tiga Diklat ASN Sekaligus

Image

MP3Juice CC 2022: Download YouTube MP4 to MP3 ke Play Musik di HP Android

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image