Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Pebisnis Wajib Baca! Ini Cara Bikin Bisnismu Makin Meroket Dengan CRM

Bisnis | Thursday, 23 Jun 2022, 17:09 WIB

Semua Pebisnis Pasti Ingin Bisnisnya Berkembang!

Semua pebisnis pasti ingin bisnis yang dimilikinya semakin maju dan berkembang. Untuk bagaimana cara menggapai tujuan tersebutlah yang menjadi PR untuk mereka (pebisnis).

Dalam mewujudkan hal tersebut, pebisnis akan melakukan berbagai strategi bisnis lalu mengevaluasinya. Begitu seterusnya hingga mendapatkan strategi yang tepat untuk bisnis.

Namun, tentulah dalam mewujudkan hal tersebut perlu didukung dengan alat atau sistem yang modern. Mengapa? Agar bisnis Anda lebih mudah untuk berkembang, terlebih di era digital saat ini yang menuntut pebisnis untuk terus mengikuti perkembangan zaman yang Anda.

Sistem Powerfull Yang Wajib Digunakan Oleh Semua Pebisnis

Aplikasi CRM (sumber: majoo.id)

Berbagai macam cara untuk membuat perusahaan atau bisnis semakin maju dan berkembang pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem penunjang dan pendukung bisnis. Salah satu sistem pendukung dan penunjang bisnis yang wajib digunakan oleh semua pebisnis adalah sistem CRM.

Apa itu CRM? CRM atau Customer Relationship Mangement menjadi sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara pihak perusahaan dan pelanggan.

Dengan kata lain, CRM adalah sebuah sistem yang dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran dengan mempertahankan pelanggan serta memberikan nilai tambah kepada mereka.

Jadi, dengan menggunakan CRM Anda dapat membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan.

10 Manfaat CRM Untuk Optimalkan Bisnismu

1. Menghemat Biaya

Menggunakan CRM mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Mulai dari operasional bisnis Anda semakin efektif dan dapat dikerjakan otomatis dari sistem hingga pendataan informasi pelanggan yang lengkap sehingga dapat melakukan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan sistem yang terintegrasi membuat divisi satu dengan yang lainnya saling terhubung akan mempercepat proses follow-up atau kegiatan menarik prospek kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan yang baik, seperti cepat merespons dan memberikan solusi serta informasi tentu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan begitu, peluang untuk menjadikan pelanggan menjadi pelanggan yang loyal terhadap perusahaan Anda pun semakin besar.

4. Meningkatkan Transparasi Data

Dengan menggunakan CRM, riwayat aktivitas staf Anda dengan pelanggan akan terdata lengkap. Sehingga manajer perusahaan dapat mengecek kinerja staf customer service dan mengukur kinerja mereka.

5. Produktivitas Perusahaan Meningkat

Penggunaan CRM membantu menyederhanakan dan mempercepat proses bisnis Anda.

Misalnya, yang awalnya staf Anda harus mencari data pelanggan di berbagai dokumen, dengan CRM mereka dapat mencarinya hanya dalam satu sistem saja. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

6. Time to Market Meningkat

CRM akan memiliki data tren penjualan dengan produk tertentu di perusahaan Anda berdasarkan database penjualan yang membentuk suatu pola tren penjualan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan inovasi perusahaan dalam mengembangkan produk Anda untuk meraih penjualan yang lebih tinggi lagi.

7. Keamanan Data Terjamin

Sistem cloud pada CRM menjadikan sistem ini aman untuk menyimpan semua data perusahaan Anda dengan akses data yang berbeda-beda untuk setiap user berdasarkan posisi mereka di perusahaan.

8. Mudah Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Cloud CRM secara otomatis menyinkronkan data antara seluler dan web. Oleh karena itu, apa pun perangkat yang Anda gunakan, atau di mana pun Anda berada, informasi akan selalu tersedia untuk Anda.

9. Meningkatkan Penjualan

Dengan pelayanan pelanggan semakin baik, kepuasan dan loyalitas pelanggan yang meningkat, kegiatan pemasaran ulang yang mudah dengan database yang tersusun rapi berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan, tentu akan meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

10. Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Sistem CRM memiliki fitur yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan, sangat fleksibel sehingga dapat disesuaikan untuk berbagai divisi di perusahaan Anda. Sehingga memudahkan manajer perusahaan dalam menjangkau semua karyawan dan memonitor kinerja mereka.

Segera Gunakan Aplikasi CRM Untuk Tingkatkan Bisnismu

Setelah mengetahui manfaat CRM bisa meningkatkan dan membuat bisnismu maju serta berkembang, Anda sebagai pebisnis tentu sudah seharusnya wajib menggunakan aplikasi CRM untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Pilihlah CRM yang tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dan, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki serta pastikan CRM yang Anda pilih memiliki fitur lengkap dan mumpuni serta bisa di kustomisasi atau disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image