Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Tips Jitu Memilih CRM Terbaik untuk Bikin Bisnis Makin Sukses

Bisnis | Thursday, 23 Jun 2022, 17:06 WIB

CRM Optimalkan Operasional Bisnis Anda

Tips memilih CRM (sumber: myskill.id)

Customer Relationship Management (CRM) dapat membantu operasional pemasaran produk dan meningkatkan penjualan pada setiap bidang bisnis yang Anda geluti. Namun, Anda perlu memilih CRM yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips memilih software CRM yang tepat untuk bisnis Anda.

Sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memilih sebuah aplikasi, termasuk dalam memilih CRM. Pilihlah CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan budget yang Anda miliki. Dan, CRM yang Anda pilih dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga efisiensi kerja pun tercipta.

Tips Memilih CRM yang Tepat

1. Tentukan tujuan penggunaan CRM

Apabila Anda mengetahui tujuan penggunaan CRM dengan spesifik akan lebih memudahkan Anda untuk memilih software CRM. Tentu semua hal perlu dilandasi tujuan yang jelas sebagai landasan kamu menentukan langkah selanjutnya.

2. Cara mengimplementasi CRM

Software CRM yang berkualitas dan bagus seharusnya dapat langsung diimplementasikan. Atau setidaknya, tidak memerlukan waktu yang panjang untuk menyesuaikan diri dengan fitur-fiturnya dan operasional penggunaan aplikasi tersebut.

Sebaiknya pilih penyedia CRM yang berpengalaman atau aplikasi CRM dari perusahaan lokal di Indonesia yang menyediakan pelatihan khusus bagi tim di perusahaan untuk operasional aplikasi ini.

3. Sosialisasi penggunaan CRM

Biasanya, ada kekhawatiran kalau porsi tanggung jawab mereka dalam pekerjaan akan tergantikan atau diambil alih oleh sistem. Sebaiknya melibatkan juga kesertaan dari tim atau bagian organisasi untuk mengambil keputusan dan menjelaskan keuntungan yang bisa bisnis dapatkan.

4. Tingkat mobilitas

Salah satu fungsi software CRM, yaitu menunjang tingkat mobilitas. Software CRM ini sebaiknya web based dan tersedia mobile app baik pada ponsel android dan ios sehingga dapat dioperasikan dari mana saja dan kapan saja.

5. Aplikasi yang customizeable

Biasanya perusahaan pengembang aplikasi CRM yang berpengalaman membuat sistem aplikasinya bisa dipersonalisasi atau di-customize. Terlebih lagi tipe bisnis sekarang ini makin beragam dan berbeda-beda, sehingga cara penggunaannya pun tidak bisa diseragamkan.

6. Ada versi demo

Agar Anda mempunyai bayangan yang jelas tentang software CRM ini, maka lebih baik Anda mencari perusahaan penyedia software CRM yang menyediakan versi demo. Akses ke versi demo dapat membantu Anda mengetahui lebih dalam tentang software tersebut, melihat fitur-fitur yang tersedia dan sekaligus beradaptasi dengan setiap fitur yang tersedia apakah memenuhi kriteria kebutuhan perusahaan Anda atau tidak.

7. Fungsi laporan

Software CRM harus mempunyai fungsi/fitur laporan yang berisi tentang data informasi yang lengkap tentang bisnis Anda dan aktivitas pelanggan. Semua informasi dalam data itu harus terus diperbarui secara otomatis karena fitur ini akan berperan besar dalam menunjukan progres bisnis Anda.

8. Mudah digunakan

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah bagaimana CRM tersebut mampu dioperasikan oleh semua tim di dalam perusahaan dengan mudah agar proses bisnis Anda pun bisa lebih cepat dan efektif.

9. Cloud CRM

Khusus untuk beberapa jenis industri memang tidak diharuskan menggunakan cloud CRM. Namun, jika bisnis yang Anda miliki masuk pada salah satu bisnis yang dapat menggunakan cloud CRM, kami sarankan untuk memilih CRM jenis ini.

10. Keamanan

Yang terpenting pada sebuah software adalah keamanan data yang disimpan pada sistem. Pastikan Anda bekerja sama dengan pengembang mencari tahu rekam jejak provider pilihan Anda, apakah pernah tersangkut kasus masalah keamanan siber atau tidak.

CRM Tepat Untuk Bantu Bisnis Makin ‘Melesat’

Kini Anda sudah mengetahui tips memilih Customer Relationship Management yang tepat untuk bisnis Anda. Nah, sebelum menggunakan CRM, sebaiknya Anda memilih CRM yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda juga bisa memilih CRM dari penyedia jasa di Indonesia dan yang sesuai dengan budget perusahaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image