Masih Mau Overthinking Setelah Ini?

Image
Dyah muttamimah
Gaya Hidup | Thursday, 23 Jun 2022, 11:51 WIB
sumber : https://pin.it/1UzZ7ff

Penyebutan kata Overthinking pada generasi milenial dan generasi Z memang sudah tidak asing lagi. Bahkan ada sebuah lagu yang berjudul “Overthinking” milik Marion Jola. Kata overthinking ini sudah menjadi bagian dari kehidupan para generasi milenial dan gen Z. menurut salah satu psikolog Universitas Gadjah Mada bernama Wirdatul Anisa menyaampaikan bahwa Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan, overthinking dapat berupa ruminasi dan rasa khawatir. Ruminasi sendiri yaitu suatu kecenderungan memikirkan suatu hal yang telah berlalu.

Secara mudahnya, overthinking adalah suatu pemikiran yang berlebih atau kebiasaan seseorang memikirkan sesuatu yang berlebih, bahkan tak jarang dari beberapa orang mempercayai pikirannya sendiri. Padahal belum tentu pikiran tersebut benar terjadi. Pada kehidupan sehari-hari pun terkadang secara tidak sadar kita sedang mengalami overthinking. Kebiasaan overthinking ini tentu memberikan dampak bagi kesehatan mental kita. Dampak yang akan dialami tentu dampak negative, melihat overthinking merupakan suatu kecenderungan yang buruk.

sumber : https://id.pinterest.com/pin/320600067227763776/

Overthinking yang berlebih ternyata bisa merusak kesehatan mental. Oleh karena itu, kita sebagai remaja perlu menjaga kesehatan mental dengan mengurangi overthinking. Dilansir dari Forbes, berikut lima cara untuk mengatasi kecenderungan overthinking :

1. Kurangi Memikirkan Suatu Hal Yang Berlebihan, mengurangi berpikir yang berlebihan adalah cara awal yang bisa kamu coba apabila kamu seseorang yang sering overthinking.

2. Menjaga Pikiran, ketika kamu mulai berpikir tentang sesuatu yang pelik, atau muncul rasa khawatir yang berlebih, maka kamu harus segara mengontrol pikiranmu agar tetap berfikir positif.

3. Fokus Terhadap Solusi, ketika kamu sedang overthinking tentu kamu memaksa otak untuk memikirkan suatu masalah yang tak berujung. Oleh karena itu, kamu perlu mencari solusi terhadap permasalahan apa yang sedang kamu alami. Fokuslah mencari solusi agar masalah yang ada dipikiranmu bisa segera terpecahkan.

4. Sering Intropeksi Diri, intropeksi diri adalah salah satu cara yang juga mampu mengurangi overthinking. Ketika kamu sedang memiliki waktu luang, alangkah baiknya kamu gunakan untuk ber intropeksi diri. Dengan intropeksi diri kamu bisa menemukan potensi diri, dan menemukan sebuah ide memperbaiki masalah.

5. Mencari kegiatan, memaksa diri untuk berhenti overthinking mungkin memanglah sulit, akan tetapi ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi agar kamu tidak melakukan overthinking. Yaitu dengan cara menyibukan diri seperti, beraktivitas, mendengarkan music, menonton film, atau bisa juga keluar rumah mencari angina dsb.

Kelima cara diatas bisa dilakukan jika kamu ingin mengurangi overthinking. Kamu juga bisa mengatasi overthinking dengan sharing masalahmu kepada keluarga, teman, ataupun kekasih untuk mendapatkan solusi. Dan jika hal tersebut tidak mempengaruhi pikiranmu membaik, alangkah baiknya periksakan ke dokter. Karena kecenderungan overthinking bisa merusak kesehatan mental, oleh karena itu sayangi mental dengan tidak melakukan overthinking.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

suka menulis hal-hal yang bermanfaat

Bersikap Bijak Dalam Bermedia Sosial

Terapkan Pola Hidup Sehat Untuk Remaja

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image