Keterkaitan QS. Ar-Rum Ayat 22 dengan Bahasa dan Budaya Sunda

Image
Alpia Nur Zakiyyah Atorid
Agama | Wednesday, 27 Oct 2021, 10:09 WIB

Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia. Bahasa Sunda rata-rata tersebar di pulau Jawa bagian barat. Budaya Sunda merupakan kebudayaan yang berada atau tumbuh dalam kehidupan masyarakat Sunda.

Budaya dan bahasa Sunda merupakan bahasa (kata) serta budaya sopan santun yang digunakan serta tumbuh dalam kehidupan masyarakat Sunda. Bahasa dan budaya tidak hanya lahir sebagai suatu sejarah, namun Allah SWT menciptakan bahasa dan budaya dengan maksud.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ خَلْقُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافُ اَلْسِنَتِكُمْ وَاَلْوَانِكُمْۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلْعٰلِمِيْنَ

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. (QS. Ar-Rum ayat 22)

Dalam QS. Ar-Rum ayat 22 di atas, berbicara mengenai penciptaan perbedaan. Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai macam perbedaan. Termasuk salah satu tempat yang sedang kita pijak sekarang, Indonesia. Indonesia memiliki masyarakat yang heterogen, dengan berbagai macam suku, ras, agama, hingga bahasa. Bahasa daerah Sunda menjadi salah satu dari beberapa bahasa daerah di Indonesia dan ini menjadi bukti keberagaman bahasa. Begitu pula dengan budaya Sunda, menjadi salah satu dari berbagai macam budaya di Indonesia yang menjadi bukti keberagaman budaya.

Bahasa dan Budaya Sunda menjadi salah satu tanda-tanda kesempurnaan kekuasaan dan hikmah Allah SWT. Eksistensi bahasa dan budaya Sunda dalam QS. Ar-Rum ayat 22 menjelaskan bahwa bahasa dan budaya termasuk ke dalam penciptaan perbedaan, khususnya mengenai budaya dan bahasa.

Bahasa dan budaya Sunda lahir menjadi ragam bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Perbedaan ini menjadi ciri khas yang luar biasa unik. Selain itu, eksistensi bahasa dan budaya Sunda termasuk ke dalam tanda besarnya kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan kehidupan manusia di Bumi. Bahasa dan budaya Sunda juga termasuk ke dalam macam bahasa untuk saling berkomunikasi antar satu sama lain, serta saling mengenal budaya.

Keunikan bahasa dan budaya menjadi keistimewaan di mana kita bisa saling belajar bahasa dan mengenal budaya lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Undergraduate Islamic Broadcasting Communication

Harapan Para Pelajar

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image