Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fernan Rahadi

Psikolog UAD Isi Talkshow Keluarga Alumni Moehi 2003

Gaya Hidup | Tuesday, 26 Oct 2021, 17:59 WIB

YOGYAKARTA -- Keluarga Alumni Moehi 2003 (KAM03) kembali menggelar talkshow, Ahad (24/10) malam. Acara yang dikemas secara daring melalui aplikasi Zoom tersebut menghadirkan psikolog dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ega Asnatasia Maharani.

Berbicara dalam acara bertema Adulting 101: Stress Management (Cara Mengelola Stres di Era Disrupsi), Ega memaparkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan orang-orang stres di masa kini.

"Salah satunya adalah perilaku mind wondering di mana pikiran kita cenderung tidak pernah memproses apa saja yang terjadi sekarang, namun memproses sesuatu yang terjadi di tempat lain atau di masa lalu," kata Ega yang tengah menempuh program Doktoral Psikologi Klinis di International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut.

Selain itu, penyebab stres adalah gaya hidup hustle culture yang baru-baru ini menjadi tren dalam budaya global. Seperti diketahui, hustle culture adalah budaya di mana orang merasa harus terus bekerja keras dan hanya meluangkan sedikit waktu untuk istirahat.

Menurut Ega, stres juga disebabkan kebiasaan berpikir irasional di antaranya berpikir terpolar (polarization), generalisasi berlebihan (overgeneralization), catastrophing, personalisasi (personalization), emotional reasoning, dan kebiasaan menyingkirkan hal positif (disqualifying the positive).

Ega pun memberikan sejumlah tips untuk menghindari stres yaitu kebiasaan berpikir rasional seperti selalu menyertakan bukti dan alasan atas segala hal (evidence and reasoning), mempertanyakan pendapat sendiri (origin of the question), menyadari implikasi (implications), serta melihat dari sudut pandang lain (viewpoints).

"Jika gejala stres sudah parah seperti nafsu makan berubah, kesulitan konsentrasi, dan sulit tidur, maka segeralah cari pertolongan profesional," ujar Ega menyarankan.

Talkshow kali keempat yang digelar KAM03 tersebut dihadiri lebih dari 60 alumni Moehi 2003. Sebelum acara talkshow juga digelar launching kepengurusan KAM03 2021-2024. Di akhir acara, sebanyak tujuh peserta talkshow yang mengajukan pertanyaan dan aktif berdiskusi memperoleh doorprize yang disediakan panitia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image