3 Asal-Usul Nama Jakarta

Image
Slamet Samsoerizal
Politik | Wednesday, 22 Jun 2022, 11:12 WIB
Wajah Jakarta 2022 (sumber foto: https://www.jakarta.go.id/tentang-jakarta)

HUT Jakarta atau “Jakarta Hajatan” ke-495 diperingati hari ini, 22 Juni 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT Jakarta yang diadakan di Monumen Nasional (Monas).

Aksi pelukis pasir yang menggambarkan sejarah singkat kota Jakarta sejak 495 tahun diiringi narasi. Sejumlah nama pemimpin Kota Jakarta dari tahun ke tahun disebutkan.

Jakarta kini tengah berupaya menyejajarkan diri dengan kota-kota besar di dunia. Sejumlah pembangunan, mulai dari proyek MRT, JIS, hingga Formula E dipamerkan melalui lukisan pasir.

Jakarta sebagai sebuah etnis bernama Betawi memiliki sejarah. Kehadirannya sebagai sebuah suku, lahir dari sebuah kesadaran bersama untuk menegaskan identitas mereka yang berbeda dengan etnis lainnya.

Hal ini sangat wajar karena pembentukan sebuah etnis biasanya terbentuk karena adanya kesamaan geografis, adat istiadat atau asal usul sejarah yang unik. Faktor lainnya juga bisa dipengaruhi oleh persoalan politik, sosial, agama dan budaya.

Antropolog Universitas Indonesia (UI), Yasmine Zaki Shahab memperkirakan, etnis Betawi baru terbentuk antara tahun 1815-1893. Perkiraan ini didasarkan atas studi sejarah demografi penduduk Jakarta yang dirintis sejarawan Australia, Lance Castle.

Di zaman kolonial Belanda, pemerintah selalu melakukan sensus, yang dibuat berdasarkan bangsa atau golongan etnisnya. Dalam data sensus penduduk Jakarta tahun 1615 dan 1815, terdapat penduduk dari berbagai golongan etnis, tetapi tidak ada catatan mengenai golongan etnis Betawi.

Hasil sensus tahun 1893 menunjukkan hilangnya sejumlah golongan etnis yang sebelumnya ada. Misalnya saja orang Arab dan Moor, Bali, Jawa, Sunda, Sulawesi Selatan, Sumbawa, Ambon dan Banda, dan Melayu. Kemungkinan kesemua suku bangsa Nusantara dan Arab serta Moor ini dikategorikan ke dalam kesatuan penduduk pribumi (Belanda: inlander) di Batavia yang kemudian terserap ke dalam kelompok etnis Betawi.

Ada beberapa pendapat tentang asal usul istilah Betawi. Pertama mengatakan bahwa Betawi merujuk pada Batavia, yakni sebuah nama yang digunakan penjajah Belanda untuk kota Jakarta di masa lalu.

Kedua, Betawi berasal dari kata “bau tai”. Hal ini muncul ketika penjajah Belanda melewati kota Batavia dan tercium aroma kotoran atau ketika para pejuang melempar kotoran ke arah pasukan penjajah.

Ketiga, Betawi berasal dari flora guling Betawi cassia glauca, family pappilonaceae. Ini jenis tanaman perdu yang kayunya bulat, guling. Kayunya mudah diraut dan kokoh hingga sering digunakan untuk pembuatan keris dan pisau. Tanaman ini banyak tumbuh di Nusa Kelapa (Sunda Kelapa).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image