5 Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Bagi Anak

Image
Nabil Zain
Eduaksi | Wednesday, 22 Jun 2022, 10:03 WIB

Perencanaan keuangan ini merupakan hal yang sangat penting di dalam keluarga. Dengan adanya perencanaan keuangan ini maka berbagai dana yang dikeluarkan ini dapat diatur dan juga direncanakan dengan tepat. Salah satu hal yang paling penting di dalam perencanaan keuangan keluarga ini adalah mempersiapkan pendidikan bagi anak. Terlebih lagi jika biaya pendidikan anak ini tidak memakan biaya yang sedikit. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memerlukan perencanaan yang baik di dalam pengelolaan uang untuk pendidikan anak anda.

Berikut ini beberapa tips bagi orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak.

1. Estimasikan waktu dan perencanaan pembiayaan pendidikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan akan biaya pendidikan dengan estimasi kan berapa waktu yang digunakan hingga sampai pada saat pengeluaran ini dilakukan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan biaya pendidikan yaitu adalah di saat anak belum masuk ke sekolah, Anda bisa menyiapkan biaya pendidikan bagi anak Anda yang belum masuk ke sekolah ini jauh lebih mudah.

Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk dapat menabung dan juga berinvestasi, dan ketika anak sudah bersekolah Anda bisa melakukan perencanaan biaya pendidikan yang mana anda perlu untuk memenuhi kebutuhan seperti biaya bulanan dan juga perlengkapan dan lain sebagainya, Akan tetapi anda tidak perlu khawatir Anda bisa menetapkan jangka waktu yang tersisa untuk dapat mempersiapkan anak menuju jenjang berikutnya.

2. Meninjau dana yang dimiliki

Setelah anda menetapkan estimasi waktu yang akan anda gunakan untuk dapat mempersiapkan dana pendidikan, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan meninjau berbagai proses pemasukan dan juga pengeluaran yang dimiliki. Hal ini dapat berguna agar anda dapat mengetahui dana apa saja yang dialokasikan untuk dapat mempersiapkan biaya pendidikan bagi anak. Anda juga bisa mengetahui biaya apa saja yang dapat ditekan agar lebih berhemat, serta dana yang ditekan tersebut ini dapat dijadikan sebagai tambahan untuk simpanan dan pendidikan.

3. Mencari informasi mengenai biaya sekolah

mengetahui besaran dari dana sekolah pada setiap jenjang ini sangat diperlukan agar anda dapat memberikan dan memperkirakan seberapa besar dana yang akan dikeluarkan untuk dapat melanjutkan pendidikan bagi anak anda. Untuk dapat mencari informasi mengenai biaya sekolah ini anda bisa dapatkan melalui internet dan juga bisa mendatangi langsung ke sekolah tersebut serta bertanya kepada kaum kerabat ataupun tetangga terdekat mengenai informasi tersebut.

4. Menyiapkan dana tambahan untuk keperluan sekolah

Tips untuk mempersiapkan dana pendidikan anak selanjutnya ialah dengan menyiapkan dana tambahan untuk keperluan sekolah. Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya bahwa biaya sekolah ini tidak hanya sebatas uang pangkal atau uang gedung saja akan tetapi uang bulanan di sekolah, biaya seragam sekolah dan juga peralatan tulis serta perlengkapan sekolah seperti buku dan juga tas dan lain sebagainya.

Berbagai hal ini bisa anda pertimbangkan pula sebagai alokasi anggaran dikarenakan meskipun terlihat sepele akan tetapi keperluan sekolah ini dapat memakan biaya yang tidak sedikit juga. Oleh karena itu sebagai orangtua Anda bisa mempersiapkan juga alokasi dana untuk hal tersebut.

5. Investasi keuangan untuk pendidikan

Berinvestasi keuangan ini dapat anda lakukan untuk dapat mempersiapkan biaya pendidikan yang cukup besar. Anda bisa melakukan investasi berupa tabungan pendidikan dan juga reksa dana serta arus suransi pendidikan. Hal yang perlu anda perhatikan di dalam investasi adalah mencari tahu mengenai produk-produk investasi serta lembaga yang mempunyai produk investasi tersebut.

Anda bisa juga mewaspadai lembaga investasi keuangan yang tidak dapat dipercaya atau mempunyai kredibilitas yang kurang. Oleh karena itu Anda harus selalu cerdas di dalam memilih lembaga sebagai penampung Denai dan juga investasi yang menjadi hal yang sangat penting.

Itulah dia beberapa tips dan juga cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mempersiapkan dana pendidikan bagi anak anda. Dengan mengetahui beberapa hal diatas anda tidak perlu khawatir dan juga tentang mengenai biaya pendidikan bagi anak anda. Semoga bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program Studi Ekonomi Syariah FAI Unpam adakan penggalangan dana gempa bumi

Image

Mahasiswa Mahad Al Imam Malik UMP Raih Juara Bahasa Arab Nasional

Image

Ekosistem Pesantren dalam Mewujudkan Manajemen Halal Supply Chain Menuju Madani Society 5.0

Image

Pentingnya Agama dan Pendidikan Sejak Dini

Image

Mata Kuliah Kehumasan

Image

Tips dan Cara Nyaman Untuk Hilangkan Bau Ketiak dan Warna Kulit Ketiak Yang Gelap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image