Kominfo Bersama Sekolah.mu Gelar Webinar Tentang Adiksi Digital

Image
Pemuda Peduli
Edukasi | Wednesday, 22 Jun 2022, 09:46 WIB
Webinar Cegah Adiksi Digital (10/06/2022)

DIGITALISASI atau dunia digital menjadi salah satu kunci penting dalam keberlangsungan tumbuh kembang anak-anak, khususnya pada era pandemi seperti sekarang ini. Tak hanya bagi anak, para orang tua juga perlu menambah wawasannya mengenai digital agar tetap up-to-date dalam mengawasi anaknya.

Webinar gratis ini dilaksanakan via Zoom pada hari Jumat, 10 Juni 2022 dan dihadiri oleh lebih dari 650 partisipan. Acara ini berlangsung dari mulai pukul 19.30 hingga 21.00 WIB. Kedua narasumber yakni Indy Barends dan Analisa Widyaningrum ditunjuk untuk berbagi edukasi mengenai pola asuh anak di era digital. Acara dipandu oleh Tiara Erlita, seorang psikolog klinis anak dan remaja yang juga merupakan ibu dari dua anak.

Webinar yang digelar oleh Kominfo ini berkolaborasi dengan beberapa lembaga seperti Sekolah.mu dan Keluarga Kita. Tentunya acara ini juga dibanjiri respon positif dari para partisipan. Partisipan turut aktif dalam rangkaian acara seperti melakukan sesi tanya jawab dan polling. Tak ketinggalan, Yayasan Pemuda Peduli juga hadir mengikuti webinar ini sebagai tamu undangan.

Dalam berlangsungnya acara, banyak wawasan baru yang didapat mengenai cara pencegahan atau deteksi dini terhadap anak yang sudah kecanduan bermain digital. Pada pemaparannya, Analisa Widyaningrum selaku psikolog klinis dan juga seorang ibu membeberkan bahwa orang tua harus memahami kondisi anak yang bersekolah di masa pandemi namun tidak lupa mendeteksi dini seperti melihat apakah anak kurang responsif atau tidak takut akan ancaman.

Reaksi tersebut adalah gejala awal seorang anak kecanduan dalam bermain gawai (gadget). Di lain sesi, Indy Barends juga berbagi tips mengenai bagaimana mendidik seorang anak agar dapat membatasi bermain gawai. Ia mengatakan cara yang dipakainya seperti menyempatkan makan malam bersama agar anak tidak selalu terpaku dengan dunia maya saja.

Yayasan Pemuda Peduli ikut senang dapat berpartisipasi dalam webinar yang sangat informatif dan edukatif. Banyak sekali manfaat yang didapat dalam webinar ini dengan mendatangkan psikolog klinis terkemuka yakni Analisa Widyaningrum dan pembawa acara ternama yakni Indy Barends. Adanya acara ini diharapkan menjadi salah satu upaya Kominfo agar para orang tua bisa lebih menemani anak-anaknya dalam bermain gawai sehingga tidak terkena adiksi digital.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pemuda Peduli merupakan NGO yang berdiri legal sebagai sebuah Yayasan sejak tahun 2016 dengan latar belakang Suistanable Development Goals Nomor 4 yai

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program pembuatan ruang literasi sebagai bentuk peningkatan minat baca SDN 13 Tambun Sukkean kecamat

Image

Peringatan HUT RI ke 77, Rutan Purworejo Tampilkan Beragam Baju Daerah Ala Model Profesional

Image

HUT RI Ke-77, 22 WBP Lapas Terbuka Nusakambangan Mendapat Remisi, 5 diantaranya Langsung Bebas

Image

Makna Hijrah dan Momentum Peringatan Kemerdekaan

Image

Terus Belajar, Menginspirasi, Memberi Manfaat, HUT RI ke-77 SIT Tunas Bangsa

Image

Upacara Kolaboratif HUT RI ke-77 ala SMP Mugadeta

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image