Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Koiyudh

Lima Kiat Sewa Apartemen yang Aman dan Nyaman di Kantong

Gaya Hidup | Wednesday, 22 Jun 2022, 01:24 WIB
Apartemen. Ilustrasi. (Sumber: pixabay)

Apartemen menjadi pilihan tempat tinggal yang sangat digemari saat ini. Pilihannya pun kian beragam. Bukan sekadar lokasi. Anda pun bisa menyewa apartemen sesuai kebutuhan. Mulai dari fasilitas hingga jangka waktu yang ditawarkan. Mau harian atau bulanan?

Kendati demikian, menyewa apartemen sebaiknya jangan sampai asal. Butuh beberapa hal untuk diperhatikan. Selain faktor keamanan, perlu juga memikirkan soal kenyamanan. Mulai dari kebutuhan hingga harga sewa apartemen yang sesuai anggaran.

Berikut lima kiat menyewa apartemen yang aman dan bikin nyaman kantong:

1. Sesuaikan Kebutuhan

Kenali kebutuhan Anda sebelum menyewa apartemen. Apakah Anda pekerja atau mahasiswa yang sedang mencari tempat tinggal dekat dengan kantor/kampus? Atau hanya sekadar berada di satu kota dalam waktu singkat karena keperluan tertentu?

Ini setidaknya bakal menentukan berapa lama kira-kira waktu yang Anda butuhkan untuk menyewa apartemen. Jika hanya butuh tempat singgah sementara selama sepekan, misalnya, maka pilih saja sewa harian. Lebih murah.

Namun, bila Anda pekerja atau mahasiswa yang butuh tempat tinggal dalam waktu lama, maka pilihan sewa bulanan hingga tahunan bisa jadi pilihan.

Pastikan juga fasilitas apa saja yang dibutuhkan dalam apartemen. Misalnya jumlah kamar, ketersediaan AC, televisi, kolam renang, dekat pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

2. Jarak dan Akses Transportasi

Jarak dan akses transportasi juga menjadi salah satu faktor yang butuh dipertimbangkan. Sebab, ia dapat mendukung kenyamanan. Terutama dalam hal mobilitas atau kemudahan Anda ketika beraktivitas sehari-hari.

Untuk Anda pekerja, pelajar, atau mahasiswa, mencari apartemen yang dekat dengan lokasi kerja atau kampus/sekolah lebih menguntungkan. Ia dapat mengemat ongkos perjalanan.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan akses jalan juga mudah dan nyaman untuk berangkat ke tempat tujuan. Sementara bagi yang tidak, pastikan sarana transportasi mudah didapat dan gampang diakses.

3. Sesuaikan Anggaran

Ini mungkin faktor cukup penting bagi sebagian orang. Khususnya penyewa bulanan. Pastikan harga sewa apartemen yang Anda cari sesuai dengan anggaran yang telah diperhitungkan. Jangan sampai terlalu memaksakan.

Hitung-hitung biaya pengeluaran yang bakal Anda habiskan per bulan ketika tinggal di apartemen. Tidak hanya ongkos sewa, namun juga biaya makan, perjalanan, hingga laundry dan hal-hal kecil lainnya sehari-hari.

4. Pastikan Aman

Keamanan di sini bisa dari banyak hal. Salah satunya mencari pemilik atau penyedia properti terpercaya dan memiliki kredibilitas. Jangan langsung tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Bisa-bisa terjebak penipuan.

Karena itu, riset atau kumpulkanlah informasi lebih dahulu tentang penyedia apartemen sewa sekaligus apartemen yang disewakan. Meminta rekomendasi teman yang sudah lebih dahulu menyewa bisa menjadi salah satu cara yang ditempuh.

Riset kecil-kecilan juga bisa ditempuh dengan menelusuri melalui media sosial. Misalnya, melihat profil dan aktivitas penyewa. Anda pun bisa mengunjungi langsung agen atau pemilik sekaligus apartemen untuk berbicara.

Untuk mengenali agen penyedia properti yang kredibel Anda juga bisa mencari informasi lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

5. Manfaatkan Situs Sewa Terpercaya

Beberapa cara lain mendapatkan informasi awal adalah dengan mengunjungi situs resmi agen penyedia properti atau memanfaatkan beberapa situs sewa apartemen terpercaya di dunia maya.

Di sana Anda bisa mengumpulkan informasi dan memilah-milah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu mulai dari harga, lokasi dan akses transportasi, jangka waktu, hingga fasilitas yang ditawarkan.

Kumpulkanlah informasi yang cukup dan akurat sebelum memutuskan memilih dan menyewa apartemen. Pastikan pilihan Anda aman dan bikin hati nyaman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image