Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Nafis

Mengharukan, Puluhan Santri Dinyatakan Hafizh Quran dalam Wisuda Akbar SMP - MA Darul Fikri Sidoarjo

Sekolah | Tuesday, 21 Jun 2022, 14:02 WIB

Pondok Pesantren Darul Fikri Sidoarjo sukses menggelar acara wisuda akbar yang diadakan pada Sabtu (18/6/2022). Acara ini digelar di The Sun Hotel Sidoarjo. Dengan total 255 wisudawan dan wisudawati dari SMP dan juga MA, acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Timur, Bpk. Gatot Subroto, S.E., M.PSDM. yang mewakili Sambutan Gubernur Provinsi Jawa Timur, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, (Bpk. Prof. Dr. Biyanto, M.Ag.), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dewan Pembina Yayasan Pondok Pesantren Darul Fikri Sidoarjo beserta Majelis Kyai, dan para tamu undangan lainnya yang sangat luar biasa dari berbagai instansi pemerintahan daerah lainnya.

Menurut Ustadz Dr. Shobikhul Qisom, M.Pd. selaku Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Darul Fikri Sidoarjo, beliau menyatakan bangga dengan wisudawan juga wisudawati tahun ini. Beliau juga menyampaikan ingin menyiapkan kesungguhan generasi ini dengan serius untuk membangun pendidikan di masa depan. Acara ini merupakan salah satu proses para santri dan santriwati dalam menapaki sebuah rangka untuk menjadi sebuah pemimpin yang tangguh.

Satu dari sekian banyak wali santri yang datang, Bapak Puji berujar, “Harapan saya untuk santri dan santriwati yang diwisuda hari ini, mereka bisa menjadi generasi penerus yang qurani.”

Dari 255 wisudawan dan wisudawati, terdapat total 55 yang menjadi hafizh qur'an. Kebanyakan dari mereka baru menyelesaikan di semester dua kelas 9 / 12, tapi, tidak sedikit pula yang menyelesaikan di semester sebelumnya. Banyak wali santri yang terharu sampai meneteskan air mata ketika prosesi wisuda berlangsung, terutama para wali santri yang anaknya bisa mendapat penghargaan hafiz qur’an.

“Semua tidak akan berhasil jika tak mendapat pertolongan Allah, maka dari itu, jangan pernah lupakan Allah dimanapun dan kapanpun. Untuk menghafal 30 juz, yang penting harus istiqomah walau sehari hanya menambah setengah halaman,” ujar Muhammad Ali Wafa, salah satu wisudawan kelas 9 yang berhasil menyelesaikan hafalan qur’annya.

Momen wisuda tentunya menjadi momen yang membahagiakan untuk semua santri, apalagi mereka terpaksa melewati masa pandemi yang mengharuskan mereka mondok kurang lebih satu setengah tahun dari rumah masing-masing. Merupakan momen yang sangat spesial dari berbagai santri dari berbagai daerah penjuru Indonesia.

Di penghujung acara, seluruh santri menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku milik Ena Voice dengan menggoyangkan ponsel di atas. Seluruh santri saling berpelukan putra sesama putra dan putri sesama putri dimana mereka juga menitikkan air mata. Setelah melewati masa-masa sulit selama tiga tahun, akhirnya bisa berada dalam prosesi wisuda juga. Dengan ilmu dan akhlak yang dimiliki selama di Pondok Pesantren Darul Fikri Sidoarjo, diharapkan nantinya mereka bisa menerapkan di kehidupan bermasyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image