Pante Sulur Lukisan Surgawi di Tepi Dam

Image
Ely Widayati
Wisata | Monday, 20 Jun 2022, 16:10 WIB

Menyusuri obyek wisata di Yogyakarta serasa tidak lengkap jika belum menginjakkan kaki ke daerah Kulonprogo. Keanekaragaman alam nan eksotik membuat kangen hati untuk bertandang ke daerah barat sungai Progo itu.

Destinasi wisata alam yang membentang di bumi Menoreh mengisahkan jutaan makna akan kebesaran sang Pencipta. Bentangan alam berupa danau raksasa buatan manusia pada tahun 1989 pada pemerintahan Suharto bernama Waduk Sermo.

Koleksi foto pribadi

Menempuh jarak 30 kilometer dari pusat kota Jogjakarta atau satu jam dengan menggunakan kendaraan roda empat, Anda akan tiba di pintu gerbang yang dijaga oleh petugas berkostum tradisional Surjan. Anda bisa mengelilingi jalan beraspal yang lebar kira kira 3 kilometer dan jalan menyempit setelahnya berjarak 19 kilometer dari jumlah kelilingnya 22 kilometer. Ada jasa sewa sepeda motor atau jika memiliki kendaraan dapat menikmati segarnya udara di pinggir danau serta pemandangan yang menenangkan.

Di sebuah tepi kira-kira 8 kilometer dari pintu masuk terdapat sebuah spot namanya Pante Sulur.

Sesuai dengan namanya Pante Sulur terletak di tepi waduk Sermo dengan bagian tanah berbukit yang bagian bawahnya ditumbuhi rumput dan pepohonan pantai yang menjorok ke arah waduk. Di tepian danau yang menjorok ke arah waduk berdiri sebuah yang terbuat dari kayu dan beratapkan genteng tradisional. Dari sini para pengunjung dapat memandang luas dan memandang lepas ke arah danau dan alam sekitar waduk Sermo. Beberapa pohon khas pantai yang bisa tumbuh di tepian danau yakni pohon pandan laut, pohon kelapa terselingi beberapa tanaman keras yang menaungi area bawah. Tanah daratan bak permadani yang ditumbuhi rerumputan seperti selimut tebal jika anda menginjakkan kaki.

Eits...tapi hati - hati karena ada makhluk penyuka gula si semut yang kadang meggelitik kaki Anda.

Pante Sulur adalah nama spot bukan pantai yang sebenarnya. Terletak di lereng kaki bukit menoreh menyediakan tempat untuk berkumpul keluarga, teman atau acara sosial lainya. Menempati area yang cukup luas, tersedia dapur, ruang pertemuan terbuka dengan perabotan kayu besar sebagai meja panjang yang masih natural dengan warna aslinya.

R. Rakhmadi bersama dengan istri adalah pemilik Spot Pante Sulur ini. Mereka menempati rumah terpisah sekitar 50 meter ke arah puncak bukit.

Apabila Anda berkesempatan mengunjungi Waduk Sermo, jangan lupa singgah ke Pante Sulur. Jika Anda menginginkan kuliner apa saja, makanan khas, atau buah tangan bisa menghubungi pemilik Spot ini.

Penyuka kendaraan air bisa menyewa boat dengan harga terjangkau. Mengitari danau buatan ini sambil menikmati arus air yang tenang membuat pikiran damai dan lepas. Seraya memandangi luas danau luas berkejaran dengan roda perahu motor yang menderu.

Bagi penyuka fotografi Pante Sulur merupakan tempat yang cocok untuk berswafoto. Banyak spot yang instagramable, di gazebo, di gubuk, dekat pohon kelapa, atau mencari pantulan cahaya biru langit yang tercermin di waduk penyedia air minum dan irigasi ini.

Sebuah ayunan dengan tali kuat terbuat dari serat-seratan tergantung di sebuah pohon. Pengunjung bisa menguji adrenalin dengan mengayunkan ke arah danau. Bagi anak-,anak juga bisa asal didampingi dan dalam pengawasan orang dewasa.

Saat matahari terbenam cahaya dengan warna oranye menyelip diantara dedaunan. Hasil foto tampak seperti lukisan buatan manusia.Tidak puas rasanya kalo Anda berkunjung ke Waduk Sermo jika belum mengunjugi Pante Sulur

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image