Selamat Hari Santri Nasional 2021 Santri Siaga Jiwa Raga

Image
Institut Daarul Qur'an
Eduaksi | Friday, 22 Oct 2021, 14:08 WIB

22 Oktober sudah menjadi salah satu hari besar dan hari penting di Indonesia yaitu hari Santri Nasional. Berawal dari penetapan yang dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam Keppres Nomor 22 Tahun 2015.

Sebetulnya hari santri sendiri memiliki sejarah panjang, bermula dari perang melawan penjajah, ada peran ulama dan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Melihat jasanya dimasa lalu, terutama pada masa agresi militer kedua melawan Belanda pemerintah mengambil keputusan agar 22 oktober menjadi Hari Santri Nasional.

Setelah berjalan selama 5 tahun, tema Hari Santri Nasional kali ini adalah Santri Siaga Jiwa Raga. Dilansir dari kemenag.go.id , Gus Yaqut selaku Menteri Agama RI menjelaskan bahwa ini sebagai suatu bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Gus Yaqut menegaskan bahwa Siaga Jiwa bermakna pula bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lilâ alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

â Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemic Coronavirus Disease (Covid-19) sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama,â tutur Menag.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

R A S A I T U

Image

Gelaran Diklat Pengusahaan Batu Hias dan Batu Mulia di Sulawesi Tenggara

Image

Upaya PPSDM Geominerba Bagi Masyarakat Yogyakarta

Image

Gelaran Diklat Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Angkatan Kedua

Image

PPSDM Geominerba Buka Tiga Diklat ASN Sekaligus

Image

MP3Juice CC 2022: Download YouTube MP4 to MP3 ke Play Musik di HP Android

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image