Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ahmad muttaqillah Muttaqillah

Kosakata Surat Alquraisy

Guru Menulis | Saturday, 18 Jun 2022, 10:20 WIB

Surat ini terdiri atas 4 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah surat At Tiin dan sebelum surat Alqariah. Nama Quraisy diambil dari kata Quraisy yang terdapat pada ayat pertama, artinya suku Quraisy. Suku Quraisy adalah suku yang mendapat kehormatan untuk memelihara Ka'bah. Surat Quraisy adalah urutan surat yang ke-106 dalam Alquran.

Pokok-pokok isinya:

Peringatan kepada orang Quraisy tentang nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada mereka karena itu mereka diperintahkan untuk menyembah Allah.

Asbabun Nuzul Surat Alquraisy

Surat Quraisy diturunkan Allah SWT. untuk memberikan penjelasan kepada Suku Quraisy. Penjelasan yang dimaksud adalah Allah telah memberikan rasa aman kepada Suku Quraisy. Quraisy adalah suku terkuat dan paling berpengaruh di Makkah. Dengan rasa aman itu, orang-orang Quraisy bisa menjalankan kebiasaan mereka berupa bepergian pada musim dingin dan musim panas. Surat ini juga mengingatkan nikmat Allah lainnya berupa makanan.

Disebut suku Quraisy diambilkan dari nama tokohnya, Quraisy. Quraisy adalah gelar dari An Nadhr bin Kinanah, yang merupakan kakek Rasulullah yang ketiga belas. Rasulullah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah (BK, 2022).

Ibnu Zaid mengatakan bahwa orang Quraisy itu melakukan dua angkatan perjalanan atau kafilah. Di musim panas mereka pergi ke Syam, dan di musim dingin mereka ke Yaman. Keduanya untuk berniaga (Hamka, 1982, p. 276).

Salah satu hadis menjelaskan kemuliaan yang diberikan Allah kepada Suku Quraisy. Rasulullah SAW bersabda:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "فَضَّلَ اللَّهُ قُرَيْشًا بِسَبْعِ خِلَالٍ: أَنِّي مِنْهُمْ وَأَنَّ النُّبُوَّةَ فِيهِمْ، وَالْحِجَابَةَ، وَالسِّقَايَةَ فِيهِمْ، وَأَنَّ اللَّهَ نَصَرَهُمْ عَلَى الْفِيلِ، وَأَنَّهُمْ عَبَدُوا اللَّهَ، عَزَّ وَجَلَّ، عَشْرَ سِنِينَ لَا يَعْبُدُهُ غَيْرُهُمْ، وَأَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ فِيهِمْ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ"

Bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam pernah bersabda: “Allah telah mengutamakan Quraisy dengan tujuh perkara: Sesungguhnya aku dari kalangan mereka, dan kenabian berada di kalangan mereka; hijabah dan siqayah berada di tangan mereka, dan sesungguhnya Allah telah menolong mereka dari (serangan) pasukan bergajah; dan sesungguhnya mereka pernah menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala selama sepuluh tahun, tiada seorang pun yang menyembah-Nya (di masa-masa itu) selain mereka; dan sesungguhnya Allah telah menurunkan berkenaan dengan mereka suatu surat dari Al-Qur’an.” (HR. Baihaqi; hasan) (Kasir, 2022)

Surat Alquraisy

لِإِيلَٰفِ قُرَيۡشٍ ١ إِۦلَٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيۡفِ ٢ فَلۡيَعۡبُدُواْ رَبَّ هَٰذَا ٱلۡبَيۡتِ ٣ ٱلَّذِيٓ أَطۡعَمَهُم مِّن جُوعٖ وَءَامَنَهُم مِّنۡ خَوۡفِۢ ٤

1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy

2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas

3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka´bah)

4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan

Kosakata (Mufrodata) Surat Alquraisy

لِإِيلَٰفِ قُرَيۡشٍ ١

لِإِيلَٰفِ = karena kebiasaan

قُرَيۡشٍ = orang-orang Quraisy

1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy.

إِۦلَٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيۡفِ ٢

إِۦلَٰفِهِمۡ = kebiasaan mereka

رِحۡلَةَ = melakukan perjalanan/bepergian

ٱلشِّتَآءِ = di musim dingin

وَٱلصَّيۡفِ = dan musim panas

2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.

فَلۡيَعۡبُدُواْ رَبَّ هَٰذَا ٱلۡبَيۡتِ ٣

فَلۡيَعۡبُدُواْ = maka hendaklah mereka menyembah

رَبَّ = Tuhan/Allah

هَٰذَا = ini

ٱلۡبَيۡتِ = rumah (ka’bah)

3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka´bah)

ٱلَّذِيٓ أَطۡعَمَهُم مِّن جُوعٖ وَءَامَنَهُم مِّنۡ خَوۡفِۢ ٤

ٱلَّذِيٓ = yang

أَطۡعَمَهُم = Dia (Allah) memberikan makan kepada mereka.

مِّن = dari

جُوعٖ = kelaparan

وَءَامَنَهُم = dan Dia (Allah) telah memberikan keamanan kepada mereka.

مِّن = dari

خَوۡفِۢ = ketakutan

4. Dia (Allah) Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

Daftar Pustaka

BK, M. (2022, Juni 18). Surat Quraisy beserta Artinya, Tafsir dan Asbabun Nuzul. Retrieved from Bersama Dakwah: https://bersamadakwah.net/surat-quraisy/

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar Juz 30. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Kasir, I. (2022). Tafsir Ibnu Kasir Surat Alquraisy. Jakarta: Aplikasi Playstore.

Kumparan. (2021, Januari 22). Surat Quraisy: Asbabun Nuzul, Bacaan Arab, dan Terjemahannya. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/berita-hari-ini/surat-quraisy-asbabun-nuzul-bacaan-arab-dan-terjemahannya-1v1oGRIo2Qu/full

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image