Tips Memilih Furniture Rumah yang Tepat

Image
Mhd Ali
Gaya Hidup | Wednesday, 15 Jun 2022, 13:45 WIB

Ketika Anda selesai membangun sebuah hunian yang nyaman, keberadaan furniture rumah sebagai penguat fungsinya adalah sangat penting. Furniture rumah yang dipilih selain harus berkualitas juga harus dipilih secara seksama sesuai dengan konsep dan warna dari ruangan dalam rumah.

Keberadaan furniture akan menambah aspek kenyamanan dan keamanan dalam rumah. Sejatinya, setiap ruang tidak akan pernah lepas dari furniture di dalamnya. Karena ruang itu sendiri bisa berfungsi maksimal dengan bantuan yang kita hadirkan.

Selain memberikan nilai secara fungsional, keberadaan furniture akan memberikan kesan estetika dan hidupnya ruangan. Hadirnya dalam satu ruang juga bisa meningkatkan kesan seperti modern, klasikal, romantis dan lain-lain.

sumber: pixabay.com

Furniture rumah juga memiliki peran yang penting untuk bisa mengisi ruang agar rumah tidak tampak kosong dan membosankan. Furniture rumah juga bisa diganti atau dipindahkan sesuai dengan selera untuk memberikan suasana yang baru pada penghuni rumah tersebut.

Dengan demikian, tata letak dan jenis dapat mempengaruhi terbentuknya suasana hati orang yang berada di dalam rumah tersebut.

Fungsional

Untuk pemilihan furniture rumah, yang harus disinggung pertama kali ialah masalah fungsional antara ruang dengan jenis furniture yang dipilih. Ruang yang akan diisi oleh furniture harus ditentukan fungsi, seperti contoh kamar tidur ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, yang kemudian akan mempengaruhi penentuan pengadaannya.

Karena mengambil konsep , maka furniture yang dihadirkan sebaiknya tidak hanya mengadopsi desain konsepnya saja, tetapi juga dihadirkan dengan ukuran dan jumlah yang sesuai. Anda dapat membuatnya secara custom di workshop furniture terdekat.

Ukuran

Ukuran dari furniture sebaiknya disesuaikan dengan luas ruang. Karena konsep dimaksudkan agar tetap tersedia ruang gerak yang longgar dalam ruangan, maka akan sangat baik jika ukuran dari furniture yang diadakan adalah sedang hingga kecil.

Ukuran yang wajar juga harus disesuaikan dengan kuantitas yang wajar pula dari furniture yang dimunculkan. Jumlah yang tidak berlebihan akan membuat ruangan menjadi maksimal dengan tetap mempertahankan kesan longgar pada sudut ruangan. Belanja yang terlalu sedikit juga patut dihindari karena akan semakin membuat ruangan kosong dan suram.

Budget

Dalam hal belanja furniture, akan sangat penting jika Anda menyusun rencana pembelian terlebih dahulu. Setelah rencana belanja tersusun rapi, cari info seputar harga pasaran furniture tersebut. Informasi seputar harga tentu akan memberikan gambaran minimal-maksimal budget yang harus dikeluarkan. Kemudian Anda bisa dengan bijak menambah atau mengurangi jumlah atau jenis agar sesuai dengan budget yang tersedia di tangan Anda.

Perencanaan belanja ini akan membantu Anda untuk lebih mengorganisir belanja sehingga lebih hemat. Selain itu, belanja yang terencana akan memberikan solusi bagi Anda agar tidak melupakan satu pun untuk dihadirkan dalam satu ruangan.

Pengelompokan

Pemilihan yang dikelompokkan sesuai dengan bahan penyusunnya yakni terbuat dari kayu, plastik atau melamin, stainless, besi, kaca, dan lain-lain. Untuk setiap bahan penyusun furniture sebaiknya dipilih yang memiliki kualitas premium bukan hanya mengutamakan penilaian selera.

Furniture yang awet umumnya akan berharga sedikit mahal. Meskipun demikian, sebenarnya pengadaan furniture yang berdesain sesuai dengan selera juga patut diperhitungkan. Keawetan untuk tiap produk furniture akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Untuk bahan kayu misalnya, pilih furniture berbahan kayu kokoh dan keras yang untuk proses finishingnya menggunakan pelitur pada lapisan luar.

Furniture Outdoor

Furniture outdoor merupakan satu hal yang sering dilupakan. Padahal, furniture outdoor ini merupakan satu gaya yang ditampilkan hingga terlihat tampak depan ke semua orang sebelum mengetahui bagian dalamnya. Sehingga, pencitraan rumah yang positif bisa didapatkan mulai dari pemilihan furniture outdoor yang tepat.

Furniture outdoor yang pantas, terutama untuk bagian teras rumah, diperlukan ketelitian dalam pemilihan. Seperti contoh meja dan kursi teras. Dua furniture ini sebaiknya dipilih dalam ukuran yang kecil dan memiliki ketinggian yang rendah.

Untuk kursi teras sebaiknya dipilih yang tanpa pegangan agak tampak lebih fleksibel dan nyaman. Sedangkan untuk bentuk meja, tidak diperlukan desain yang terlalu formal ataupun terlalu mewah, cukup diberikan sedikit aksen dan akan nampak ideal jika berbentuk bulatan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Digital Marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Belajar Nilai Kehidupan di Kampung Edukasi Watu Lumbung

Image

Mengunjungi Cimory Ungaran di Semarang Bersama Sewa Hiace Samarinda

Image

Dewi Tembi : Serunya Liburan Di Desa Wisata Terbaik Se-Asia

Image

Yanti Afriwan Lestarikan Musik Melayu Lewat Rilis Lagu Tidakkah Kau Rindu Padaku

Image

PPSDM Migas Kuatkan Pengetahuan tentang Assessment Quantity Accounting SKK Migas Perwakilan KalSel

Image

PPSDM Migas Latih Petugas HSE Seismik Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image