Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rani Fibrianti

Puncak Bubulak Suguhkan Panorama Alam yang Mengagumkan

Wisata | Monday, 18 Oct 2021, 20:48 WIB
Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Bosan karena terlalu lama di rumah selama pandemi Covid-19 atau penat karena tugas dan pekerjaan, baiknya meluangkan waktu sejenak untuk berekreasi menikmati suasana di alam terbuka. Berwisata ke alam terbuka tentu dapat dilakukan di daerah sekitar tempat tinggal saja alias tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Hal itu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap tempat wisata lokal.

Bagi masyarakat Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, dan sekitarnya, menikmati panorama alam dari puncak bersama keluarga, pasangan, maupun teman dapat menjadi pilihan untuk rekreasi. Salah satu puncak yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi masyarakat adalah Puncak Bubulak. Puncak Bubulak terletak di Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Puncak Bubulak menyuguhkan panorama alam yang mengagumkan. Pengunjung dapat memandang barisan pegunungan yang hijau, sawah yang terbentang luas, sungai berliku, dan permukiman warga yang tampak bersembunyi di antara pepohonan. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Ciremai menjulang tinggi dengan warna hijau tua kebiruan dan sesekali berpayung awan.

Pengunjung dapat menikmati panorama alam dari Puncak Bubulak sambil duduk-duduk di gazebo atau saung yang telah disediakan ditemani angin sepoi pegunungan yang sejuk. Pengunjung juga dapat berfoto ria di beberapa spot foto dengan background pemandangan yang indah. Jika berkunjung dengan keluarga atau teman akan lebih asyik jika menikmati panorama alam sambil botram (makan bersama).

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Pengunjung juga dapat kemping di area Puncak Bubulak. Kerlap-kerlip lampu-lampu di permukiman warga pada malam hari akan terlihat seperti hamparan bintang-bintang yang tentunya memanjakan mata. Paginya, jika cuaca cerah, pengunjung dapat menyaksikan sunrise di ufuk timur.

Akses menuju Puncak Bubulak sangatlah mudah, dapat ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil kurang lebih 5-10 menit dari Jalan Raya Ciamis-Cirebon, melewati Dusun Cirikip dan Dusun Cilimus. Pengunjung disarankan tetap hati-hati karena jalanannya menanjak dan tikungannya cukup tajam.

Saat ini Puncak Bubulak masih dalam proses penataan dan pembangunan, seperti pembangunan saung, gapura, dan toilet, supaya pengunjung dapat lebih betah ketika bearada di sana. Berwisata ke Puncak Bubulak masih gratis, tetapi pengunjung diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan di area puncak bubulak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image