Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Oktavia Tiara A. P.

Matematika? Gak Susah Kok

Eduaksi | Monday, 13 Jun 2022, 22:50 WIB

Matematika. Apa yang kita pikirkan? Banyak materi, banyak rumus, cara ngerjainnya ribet, dan lain sebagainya. Itu yang banyak kita dengar dari beberapa siswa bahkan dari kita sendiri yang sedang struggle dengan pelajaran satu ini.

Matematika itu mempelajari apa aja sih? Banyak yang kita pelajari dari matematika sendiri. Tapi tenang, kita semua masih sama-sama belajar jadi jangan sungkan untuk saling bertanya dan bertukar pendapat. Satu hal yang pasti, jangan berpikiran kalo matematika terlalu banyak rumus, engga yaa.. Asal kita sering latihan soal, nanti akan terbiasa.

Kita gabakal langsung diberikan materi atau soal mengenai perkalian, pembagian kalau kita belum dapat materi penjumlahan dan pengurangan. Kita gabakal diberikan materi atau soal mengenai integral jika belum dapat materi limit dan turunan. Seperti itu gambarannya.

Nah, dari situ maka kita dapatkan bahwa matematika merupakan ilmu yang sebenarnya kecil tapi luas. Dalam artiannya yaitu materi dasar yang semakin lama semakin luas pembahasannya. Tetapi, walaupun pembahasannya semakin luas, tidak terasa sulit jika kita paham konsep dari awal. Jadi, pahami konsep dari awal yang sudah pernah diajarkan agar mudah untuk lanjut ke materi selanjutnya.

Hal tersebut membuat tidak sedikit siswa berpikir bahwa matematika itu susah, matematika sulit, bahkan membosankan. Tidak jarang juga kita temui beberapa siswa yang bahkan membenci matematika. Apa yang membuat matematika sebegitu suramnya dimata para siswa?

Kadang kita terlalu tersugesti, contohnya guru yang mengajar matematika terkenal killer, maka dari situ akan sedikit berimbas ke semangat belajar kalian yang semakin lama semakin menurun. Jadi saranku jangan terlalu berpikir negatif nanti semakin lama, semakin tersugesti buruk. Buat suasana belajarmu menjadi asik, mulai berpikir kalo guru yang sedang mengajar ini baik, maka akan timbul sugesti matematika mudah dan menyenangkan.

Pahami cara belajar yang tepat, seperti latihan soal matematika sendiri atau dengan teman-teman. Dari hal tersebut jika dilakukan semakin sering maka kita akan semakin terasah untuk mengerjakan soal, jadi rumus-rumus yang susah dan sangat tidak bersahabat untuk pandang itu gausah repot-repot kita hafalkan.

Semangat belajar matematika!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image