Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TeknoRobot

AC Tidak Dingin? Ketahui 8 Hal ini Sebelum Hubungi Teknisi

Teknologi | Monday, 13 Jun 2022, 19:41 WIB
Unit AC di Rusun. Beberapa hal penyebab AC tidak dingin. (Sumber: Pixabay)

Kehadiran AC di Rumah pastinya diharapkan memberikan rasa sejuk dan nyaman, terutama bagi kita yang tinggal di negara beriklim Tropis seperti Indonesia.

AC menghadirkan hawa dingin dengan cara menyerap hawa panas yang ada di sekitar ruangan. Pemindahan panas inilah yang menyebabkan proses udara menjadi dingin.

Dikutip dari Hometips, ada beberapa faktor teknis dan non-teknis yang menyebabkan AC tidak dingin.

1. Freon Habis

Layaknya sebuah kompor gas, freon merupakan senyawa yang bersirkulasi melalui kumparan evaporator dan mendinginkan udara yang mengalir di atasnya. Jika freon habis, maka AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan.

2. Filter udara tersumbat

Ketika freon sudah diganti namun AC tetap tidak terasa dingin, Kamu wajib curiga bahwa filter udara AC Kamu tersumbat. Udara yang tersumbat juga merupakan penyebab berkurangnya kemampuan AC mendinginkan ruangan.

Baca Juga: Mau Tahu Perangkat TV sudah Mendukung Siaran Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

3. Gulungan Kondensor Kotor

Saat gulungan kondensor AC kotor, kinerja AC menjadi kurang efisien karena AC bekerja lebih keras untuk mendingin kan ruangan.

4. Termostat Rusak

Sensor suhu yang satu ini mampu mendeteksi suhu ruangan dan mengisyaratkan kompresor untuk menghentikan proses pendinginan. Kalau sensor ini rusak, AC bisa saja tidak mendingin atau bisa saja terus menerus mendingin.

Baca Juga: Google Maps Vs Waze, Bagus Mana?

5. Suhu Udara Tinggi

Jika suhu udara meningkat melebihi batas suhu optimal, maka kinerja AC akan menurun. Saat suhu di luar rumah sangat panas, akan tercapai tahap di mana komresor berhenti bekerja sepenuhnya.

6. Salah Memilih PK AC

Harga dan kemampuan AC juga ditentukan dari besar-kecilnya PK. Besaran PK bisa disesuaikan dengan luasnya ruangan tempat menginstalasi AC.

- AC 1/2 PK = Ukuran ruangan 10M persegi

- AC 1 PK = Ukuran ruangan 18M persegi

- AC 3/4 PK= Ukuran ruangn 14M persegi

- AC 2 PK = Ukuran ruangan 36M persegi

Baca Juga: Mau Beli Smart TV? Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Check Out

7. Kompresor AC rusak

Kompresor adalah komponen utama dari uni AC yang bertugas mendinginkan ruangan. Kompresor adalah motor yang menekan refrigeran dan mengedarkan refrigeran melalui kumparan evaporator dan kondensor. Jika komponen ini rusak, siklus pendinginan tidak akan dimulai.

8. Remot AC rusak

Sepele namun patut diperhitungkan. Ada masanya kita harus mengecek hal kecil seperti fungsional dari remot AC dalam mengirim sinyak ke unit AC.

Menyerahkan tugas kepada ahlinya memang sangat penting, namun penting juga bagi kita untuk mempersiapkan dana untuk mengganti komponen rusak ataupun membayar jasa teknisi. Dari 8 hal yang dishare tadi, Kamu pasti sudah bisa mengira- ngira berapa biaya perbaikannya kan?

Selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image