Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggelina Salma

Seni Berkomunikasi Ala Public Relations

Bisnis | Monday, 13 Jun 2022, 19:22 WIB
SUMBER : Foto Pribadi

Komunikasi adalah hal yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan. Manusia tidak dapat hidup sendiri sehingga membutuhkan interaksi dengan orang lain. Demikian juga sebuah perusahaan, sebuah perusahaan memerlukan Public Relations (PR) sebagai jembatan untuk melakukan komunikasi, baik dengan pihak internal atau eksternal. PR menyampaikan pesan kepada penerima pesan agar tujuan isi pesan tersebut bisa tercapai. Pada saat menyampaikan pesan, PR memiliki peran penting untuk menyampaikan sebuah pesan kepada penerima pesan sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan penerima pesan memberikan feedback atau umpan balik atas pesan yang disampaikan. Proses tersebut terlihat sederhana tapi pada kenyataannya tidak sedemikian rupa.

Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kegiatan PR karena PR membutuhkan komunikasi untuk menunjang kegiatannya. Komunikasi dua arah adalah kunci bagi seorang PR, sehingga PR sangat memperdulikan feedback yang diberikan oleh publik. Citra positif yang diberikan oleh publik adalah cerminan kesuksesan PR dalam melakukan sebuah komunikasi. Namun jika seorang PR mengalami kegagalan PR dalam menyampaikan pesan dapat memberikan citra negatif publik kepada perusahaan. Citra negatif tersebut memberikan dampak yang merugikan bagi perusahaan apabila PR kurang mampu berkomunikasi dengan publik. Sehingga sebagai seorang PR harus mengedepankan etika agar dapat meminimalisir kesalahan persepsi dalam berkomunikasi. PR mencoba membuat komunikasi yang menyenangkan dengan publiknya. Komunikasi yang dijalin dengan baik akan berdampak pada hubungan yang serasi dan selaras antara perusahaan dan publik.

Di tengah arus informasi yang begitu pesat dan mengglobal saat ini menjadikan perusahaan harus gencar melakukan komunikasi. Arus komunikasi menjadi semakin terbuka dan mengakibatkan seorang PR harus mampu berada pada situasi global termasuk bagaimana menjalin interaksi secara terbuka dengan bermacam-macam media komunikasi yang ditawarkan saat ini. Public yang semakin cerdas dan krisis

Dengan adanya keterbukaan komunikasi yang semakin luas, maka publik akan mengakses informasi dari berbagai penjuru sehingga publik saat ini merupakan publik yang memiliki banyak wawasan. Publik dapat dengan bebas mendapat pesan dari organisasi dan mengekspresikan apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka keluhan. PR juga perlu terus mengevaluasi sehingga opini publik dapat dikontrol dengan baik. Dengan demikian, PR adalah kegiatan yang pada dasarnya mengarahkan perusahaan untuk memperoleh pengakuan publik. PR berusaha untuk membentuk opini publik yang menguntungkan perusahaan sehingga citra positif terbangun dengan sendirinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image