Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nanda Dc

Andoroid Vs iOS, Mana yang Terbaik?

Teknologi | Sunday, 12 Jun 2022, 17:37 WIB

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, perusahaan berlomba-lomba melakukan persaingan secara besar-besaran, sebagai contohnya yaitu Google dengan Apple. Google telah mengandalkan android sebagai sistem operasinya, sedangkan Apple tetap bertahan dengan iOSnya.

Android dan iOS adalah dua operating system smartphone terbesar di dunia, sehingga tidak heran jika setiap pengguna smartphone pada masing-masing platform saling mengunggulkan kehebatan 2 smartphone tersebut. Namun, dari kedua sistem operasi yang diandalkan oleh masing-masing smartphone ini pada dasarnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Sekilas Tentang Operating System Smartphone

Android ini merupakan sistem operasi akan dipasang ke beberapa perangkat yang diproduksi dari perusahaan yang berbeda-beda, seperti sony, samsung, motorola, HTC, dan perusahaan yang lain dan pada akhirnya menghasilkan smartphone berbasis android.

Dan di sinilah akan terjadi fragmentasi dalam berbagai hal. Smartphone dengan versi android terbarunya belum tentu dapat berjalan dan bekerja sebagaimana mestinya. Ada banyak kemungkinan yang dapat mempengaruhi berhasil tidaknya dalam melakukan update operating system smartphone untuk android, diantaranya yaitu kaitannya dengan prosesor, kecepatan prosesor, dan ukuran RAM smartphone tersebut.

Kualitas Operating System Smartphone

Untuk bahan dari masing-masing operating system smartphone tentu memiliki kualitas yang berbeda. Pada perangkat android sebagian besar menggunakan bahan plastik. Pemilihan bahan ini memiliki tujuan sebagai pelindung keringanan dan memberikan kekuatan agar tahan bentur.

Hal ini tentu berbeda dengan bahan yang digunakan Apple. Sebagian besar, bahan yang digunakan adalah metal yang disertai dengan lindungan kaca. Apple merancang sedemikian rupa ini bertujuan untuk lebih terkesan premium dan high end.

Dengan demikian, Anda sebagai calon pengguna smartphone bisa mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum memutuskan akan menggunakan android ataukah iOs.

Open Source apa Closed System ???

Sebagian besar orang, terutama pengguna android bahwa android yang bisa didapatkan secara bebas atau open source ini lebih baik. Nah, akan tetapi ketika berbicara mengenai kuantitas dan kualitas, maka closed system sebenarnya yang lebih baik.

Dengan penggunaan operating system smartphone secara open source, bisa menjadikan manusia melakukan pembuatan aplikasi tersendiri. Dalam penggunaan OS open source, maka besar kemungkinan akan terjadi adanya ancaman negatif, seperti virus, malware, hacking, dan lain-lain yang dapat merugikan Anda sebagai pengguna smartphone. Nah jika Anda menggunakan sistem operasi iOS dengan closed systemnya, maka hal seperti demikian bisa diminimalisir.

Dan yang terakhir adalah tentang gmail. Ketika Anda menggunakan sistem operasi smartphone iOS, maka Anda perlu memiliki akun Gmail.

Kenapa harus begitu ?,,, karena untuk semua fitur yang dibawakan android bisa dijalankan, ketika Anda memiliki akun Gmail.

Hal ini dikarenakan secara keseluruhan untuk sinkronisasi server terletak pada Google. Nah, jika dikaji lebih dalam tentang operating system smartphone memang tidak ada habisnya.

Demikian informasi kami mengenai Andoroid Vs Ios, jangan lupa juga membaca artikel kami lainnya mengenai 9 Cara Menghapus & Menghilangkan Malware di Android

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image