Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Kelas I Palembang

Konseling Individu dan Konsultasi Kesehatan Menjadi Penutup Kegiatan Pascarehab Tahap I Bapas Palemb

Info Terkini | Saturday, 11 Jun 2022, 13:43 WIB

Memasuki hari ke-4 Kegiatan Pascarehab Bimbingan Kemandirian Tahap I Bapas Palembang Kumham Sumsel Tahun 2022 pada hari Jumat, 10 Juni 2022. Seluruh peserta Kegiatan Pascarehab menjalani konseling individu dan konsultasi kesehatan.

Konseling dilaksanakan satu per satu di ruang konseling. Untuk tahap pertama peserta terlebih dulu melakukan konsultasi kesehatan. Konsutasi tersebut difasilitasi oleh Ahli Medis. Dokter yang memberikan layanan konsultasi kesehatan kepada peserta Kegiatan Pascarehab Bimbingan Kemandirian menanyakan kepada setiap peserta kegiatan mengenai kondisi kesehatan, pola hidup hingga ketergantungan peserta terhadap penggunaan narkotika.

Sebagian besar peserta Kegiatan Pascarehab merupakan klien yang memiliki masalah dengan ketergantungan obat-obatan terlarang atau narkotika. Saat ini peserta masih dalam proses rehabilitasi. Tujuan konsultasi kesehatan ini untuk mengetahui sejauh mana peserta atau klien pemasyarakatan telah terbebas dari ketergantungan obat-obatan terlarang serta kondisi kesehatan peserta saat ini.

Selanjutnya, setelah dilakukan asesmen kesehatan peserta kegiatan melakukan konseling dengan Petugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Palembang Kumham Sumsel. Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang bertugas menjadi konselor dalam proses bimbingan tersebut diantaranya Surya Irawan (PK Ahli Muda), Adhe Chandra (PK Ahli Muda), M Yusuf Pamungkas (PK Ahli Pertama), Galeh Dharma Putra (PK Ahli Pertama).

Masing-masing peserta dilakukan asesmen yang berkaitan dengan kehidupan personal serta hubungan klien dengan lingkungan masyarakat atau lingkungan sosial selama menjalani program PB/CB/CMB maupun asimilasi rumah.

Konseling individu ini bertujuan untuk memetakan kondisi peserta atau klien pemasyarakatan yang mengikuti Kegiatan Pascarehab baik dari segi kesehatan maupun hubungan sosial. Hal ini guna mengevaluasi pembimbingan yang selama ini dijalankan serta menjadi dasar rekomendasi PK untuk memberikan program bimbingan yang tepat bagi klien pemasyarakatan Bapas Palembang Kumham Sumsel.

Pada penutup Kegiatan Pascarehab Bimbingan Kemandirian Tahap I, sebagi apresiasi kepada peserta Bapas Palembang Kumham Sumsel memberikan hadiah cinderamata kepada peserta terbaik.

Kriteria penilian berdasarkan keaktifan dan konsistensi peserta dalam mengikuti seluruh Kegiatan Pascarehab Tahap I.

Hadiah diberikan oleh Damri (Kasubsi Bimbingan Kerja Klien Dewasa) dan Surya Irawan (PK Ahli Muda) mewakili Bapas Palembang Kumham Sumsel kepada peserta terbaik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image