Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image firda aulia

Pentingkah matematika dalam kehidupan sehari-hari?

Eduaksi | Friday, 10 Jun 2022, 12:25 WIB

Pentingkah matematika dalam kehidupan sehari-hari?

Sejak duduk di bangku SMP, saya sering kali di mintai tolong oleh saudara saya untuk membantu menyelesaikan tugas matematika. Waktu itu saya merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membosankan sekaligus susah sehingga hampir semua orang membencinya. Tetapi seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan saya mulai tertarik pada matematika. Pada saat SMA, saya juga masuk ke dalam jurusan IPA, karena saya rasa potensi yang saya miliki jauh lebih banyak tertuju pada IPA dibandingkan IPS. Dan waktu masuk ke perguruan tinggi, saya memutuskan untuk mengambil jurusan matematika sebagai pilihan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut SBMPTN. Topik yang sedang kita bahas di sini adalah pentingkah matematika dalam kehidupan sehari-hari?

Sumber : https://images.app.goo.gl/gjvUREsTRU66zDeC9

Manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Matematika dapat menyelesaikan suatu permasalahan

Sebagai contoh yaitu apabila kita akan pergi ke suatu tempat dengan jarak tertentu, kita bisa menghitung lama waktu yang kita butuhkan untuk sampai ke tempat tersebut. Tidak hanya itu, dengan matematika kita juga bisa mengetahui ukuran-ukuran rumah ataupun benda lain yang ada di sekitar kita.

2. Matematika dapat membantu untuk berdagang

Seorang pedagang harus pintar dalam berhitung, karena jika tidak akan kesulitan dalam berdagang. Tidak hanya seorang pedagang, tetapi pembeli juga harus pintar dalam berhitung agar pada saat proses pembayaran tidak terjadi kecurangan. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan, baik pedagang maupun pembeli.

3. Matematika dapat melatih kesabaran

Seperti yang kita ketahui, matematika menjadi salah satu pelajaran yang paling banyak dibenci oleh masyarakat karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. Di sini kesabaran kita dilatih, apakah mampu untuk menyelesaikan persoalan yang ada?

4. Matematika dapat membuat kita lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh

Mungkin yang kita bisa contohkan adalah misalnya kita ingin membuat sebuah lemari, kita harus mengetahui berapa ukuran pada tiap sisi agar dapat membuat lemari yang kokoh ataupun simetris. Apabila salah satu ukuran ada yang tidak sama dengan ukuran yang lain, maka bisa-bisa lemari yang kita buat akan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sangat banyak bukan? Matematika juga menjadi dasar pokok ilmu, yang dimaksud dasar pokok ilmu di sini adalah suatu pelajaran yang memiliki dasar pokok ilmu berhitung. Contohnya seperti ekonomi, fisika, kimia, akuntansi, dan masih banyak lagi. Untuk itu, meskipun matematika menjadi pelajaran yang paling banyak di benci, tetapi kita juga butuh matematika dalam kehidupan sehari-hari kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image